Main Article Content

Abstract

Golden Swalayan merupakan salah satu pusat perbelanjaan terbesar di Kota Kediri dengan lahan parkir yang cukup luas. Tujuan dari penelitian ini adalah mengoptimalkan kondisi parkir agar bisa menampung lebih banyak kapasitas sehingga pendapatan pada area parkir pun meningkat. Pengoptimalan tersebut dilakukan dengan menggunakan dua cara yaitu (1) penataan area parkir supaya lebih optimal (2) Membuat pola parkir bersudut. Data yang dibutuhkan dalam penelitian ini adalah data survei parkir kendaraan dan denah parkir eksisting. Untuk mendapatkan data primer dilakukan observasi langsung di lapangan pada jam operasional mall. Dari hasil analisis didapatkan tingkat pergantian parkir adalah 4 mobil/SRP/hari dan 5 sepeda motor/SRP/hari, dengan pendapatan tarif eksisting sebesar Rp3.130.500 dalam sehari untuk area parkir mobil, dan Rp3.713.000 di area parkir sepeda motor dalam sehari. Kapasitas area parkir mobil di 3 lantai setelah dilakukan optimasi adalah 194 SRP sedangkan untuk area parkir sepeda motor 332 SRP. Pendapatan parkir optimal untuk area mobil ialah sebesar Rp3.880.000/hari  sedangkan untuk area sepeda motor yaitu sebesar Rp4.980.000.

Keywords

optimalisasi, lahan parkir, pendapatan parkir

Article Details

References

  1. Aini, W. N., Manajemen, J., Bisnis, F., Katolik, U., & Mandala, W. (2019). PENGARUH PERCEIVED SPATIAL CROWDING, CO- VISITOR , PROMOTIONAL EVENT TERHADAP AROUSAL DAN WORD OF MOUTH PADA KONSUMEN DI MALL ROYAL PLAZA SURABAYA PENGARUH PERCEIVED SPATIAL CROWDING , CO- VISITOR , PROMOTIONAL EVENT TERHADAP AROUSAL DAN WORD OF MOUTH PA.
  2. Mellyana, N., Widi, R., & Dhaniarti, N. (2022). OPTIMALISASI PARKIR TERHADAP PENDAPATAN PARKIR DI MALL. 9203, 1–6.
  3. Novier, A., Simanjuntak, G., Wicaksono, Y. I., Indriastuti, A. K., Sipil, J. T., Teknik, F., & Diponegoro, U. (2015). ANALISIS KEBUTUHAN RUANG PARKIR PARAGON MALL SEMARANG. 4, 141–154.
  4. Numberi, A., Bahtiar, P., & Numberi, J. J. (2021). Analisis Karakteristik Parkir terhadap Kebutuhan Ruang Parkir di Pasar Central Hamadi Kota Jayapura. Jurnal Asiimetrik: Jurnal Ilmiah Rekayasa & Inovasi, 3, 57–70. https://doi.org/10.35814/asiimetrik.v3i1.1779
  5. Pradana, M. F. (2012). Analisa Karakteristik Parkir Pada Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Fondasi : Jurnal Teknik Sipil, 1(1). https://doi.org/10.36055/jft.v1i1.2000
  6. Program, M., Teknik, S., Sipil, S., Jurusan, D., & Sipil, T. (2017). 1) 1) , 2) 2). 4(2), 1–10.
  7. Rosawatiningsih, N. (2019). Kebijakan Pengelolaan Ruang Terbuka Hijau (Rth) Taman Flora Surabaya. The Journal of Society & Media, 3(1), 68. https://doi.org/10.26740/jsm.v3n1.p68-85
  8. Sutanto, C. P., Burhamtoro, B., & Marjono, M. (2021). Optimalisasi Parkir Terhadap Pendapatan Parkir Di Plaza Surabaya. Jurnal JOS-MRK, 2(3), 233–238. https://doi.org/10.55404/jos-mrk.2021.02.03.233-238
  9. Tripoli, B., Djamaluddin, R., & Nas, F. (2019). Analisis Karakteristik Parkir Kendaraan Bermotor. Jurnal.Utu.Ac.Id/Jtsipil, 5(2), 82–91.