Main Article Content

Abstract

Jembatan Lembah Dieng Kecamatan Sukun, Kota Malang ambrol total sebelum diperbaiki, 30 April 2022. Berkaitan dengan hal tersebut, peneliti menemukan masalah yang mana terdapat gerusan dipilar yang disebabkan oleh adanya gangguan oleh pilar. Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui bagaimana hasil desain dan hitungan dimensi struktur jembatan serta metode pelaksanaan yang digunakan. Perencanaan jembatan berpedoman pada peraturan yakni SNI 1725:2016, SNI 2833:2016, dan RSNI T-12-2004. Proses analisis dilakukan secara 2 dimensi (2D)  menggunakan bantuan software microsoft excel. Dari perencanaan ini, Girder jembatan memiliki panjang 30 meter dengan tipe girder PCI H-170, jarak antar girder 1,85 m dengan mutu beton fc’ 40 MPa. Jenis strand yang digunakan adalah tipe 15 mm (0,6”) ASTM 416-06 Grade 270. PCI-Girder memiliki tulangan utama bagian bawah, tengah, dan atas masing-masing 12D13, 8D13, dan 10D13. Pelat lantai jembatan memiliki tebal 0,2 m yang menggunakan tulangan pokok dan bagi masing-masing D16-100 dan D13-100. Trotoar jembatan memiliki dimensi lebar 1 m dengan tebal 0,2 m yang menggunakan tulangan pokok dan bagi masing-masing D10-150 dan D8-200. Tiang sandaran memiliki dimensi 0,2 m x 0,2 m x 1 m yang mengunakan tulangan D13 dengan tulangan geser D8-200 dan menggunkan pipa baja galvanis Ø 76,3 mm BJ-37. Kepala Jembatan (Abutment) menggunakan jenis T terbalik dengan ukuran lebar 8 x 10 m. Tinggi abutment adalah 8 m. Metode pelaksanaan yang digunakan adalah metode Launching Gantry merupakan salah satu metode yang dapat dilaksanakan untuk jenis jembatan beton prategang.

Keywords

Jembatan, Beton Prategang, Abutment, PCI Girder.

Article Details

References

  1. Amran, H. (2021). Tinjauan Pelaksanaan Pekerjaan Plat Lantai Pada Pembangunan Jembatan Tanjung Barangan Kota Palembang. Tinjauan Pelaksanaan Pekerjaan Plat Lantai Pada Pembangunan Jembatan Tanjung Barangan Kota Palembang..
  2. Gilbert, R. I., Mickleborough, N. C., & Ranzi, G. (2017). Design of prestressed concrete to Eurocode 2. CRC Press.
  3. Hamsyah, A. (2019). Perencanaan Ulang Struktur Atas Menggunakan Box Girder Pada Ruas Jembatan Sringoco-Pantai Balekambang Kecamatan Bantur Kabupaten Malang (Doctoral dissertation, University of Muhammadiyah Malang).
  4. Hidayat, M. T. (2021). Perancangan Jembatan Kiringan Dengan Gelagar Baja Berdasarkan Sni 1725-2016 Dan SNI 2833-2016.
  5. Ilham, M. N. (2008). Perhitungan Balok Prategang (PCI-GIRDER) Jembatan Srandakan Kulon Progo D.I. Yogyakarta.
  6. Ilham, M. N. (2008). Perhitungan Slab Lantai Jembatan Jembatan Srandakan Kulon Progo D.I. Yogyakarta.
  7. Ilham, M. N. (2008). Analisis Beban Abutment Jembatan Srandakan Kulon Progo D.I. Yogyakarta.
  8. Ilham, M. N. (2008). Analisis Beban Abutment Jembatan Srandakan Kulon Progo D.I. Yogyakarta.
  9. Ilham, M. N. (2008). Analisis Kekuatan Abutment Jembatan Srandakan Kulon Progo D.I. Yogyakarta.
  10. Kristanto, R. (2012). Perencanaan Ulang Jembatan Sardjito II Dengan Struktur Gelagar Pelat Baja.
  11. Kurniawan, E. (2017). Proyek Pembangunan Jembatan Sendang Kecamatan Beringin Kabupaten Semarang.
  12. Lin, T. Y., & Burns, N. H. (1981). Design of prestressed concrete structures.
  13. Manual, B. D. (2014). 3rd Edition, Second Release, August 2014.
  14. Musarrafah, N., Warsito, W., & Suprapto, B. (2020). Perencanaan Dinding Penahan Tanah di Area Apartemen Begawan Tlogomas Kota Malang Ditinjau dari Segi Biaya. Jurnal Rekayasa Sipil (e-journal), 8(8), 654-665.
  15. Nasional, B. S. (2016). SNI 1725: 2016 Pembebanan untuk jembatan. Jakarta: BSN.
  16. Nasional, B. S. (2016). SNI 2833: 2016 Perencanaan Jembatan Terhadap Beban Gempa. Jakarta: Badan Standardisasi Nasional.
  17. Nasional, B. S. (2004). Perencanaan struktur beton untuk jembatan. RSNI T-12-2004. Departemen PU Dirjen Bina Marga.
  18. Badan Standarisasi Nasional. (2019). SNI 2847-2019 Persyaratan Beton Struktural Untuk Bangunan Gedung. Jakarta: BSN.
  19. OVM 2018, OVM Prestressing System, Liuzhou OVM Machinery C.,Ltd. Guangxi.
  20. PT. Wijaya Karya (WIKA BETON), 2017. product. [Online] Available at: https://www.wika-beton.co.id/download-brosur/product [Diakses Oktober 2019].
  21. Rahmatulloh, E. P., & Wahiddin. (2021). PERENCANAAN ULANG STRUKTUR JEMBATAN PRESTRESSED PADA JEMBATAN SENGKALING KABUPATEN MALANG. Jurnal Online Skripsi Manajemen Rekayasa Konstruksi (JOS-MRK).
  22. Rahmawati, R. (2017). Biaya dan Waktu Pekerjaan Erection Girder dengan Metode Launcher pada Bentang Tengah Proyek Pembangunan Jembatan Mastrip Surabaya. Tugas Akhir Terapan.
  23. Rizkia, S. R. (2017). Analisis Perbandingan Kehilangan Prategang Akibat Metode Stressing Satu Arah dan Dua Arah Pada Jembatan Beton Prategang.
  24. Savero, D. R., & Utoyo, S. (2021). Perencanaan Ulang Struktur Atas Pada Flyover Teluk Lamong Menggunakan I-GIRDER. Jurnal Online Skripsi Manajemen Rekayasa Konstruksi (JOS-MRK), 2(1), 85-89.
  25. Soetoyo, I. (2002). Konstruksi Beton Pratekan. Surabaya Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Institut Teknologi Sepuluh November.
  26. Sosrodarsono, I. S., Kazuto, N., & Taulu, I. L. (2000). Mekanika Tanah & Teknik Pondasi.
  27. SUSENO, R. (2023). Perancangan Ulang Jembatan Bae–Besito (Karangsambung) Dengan Pci-Girder (Redesign Of Bae–Besito (Karangsambung) Bridge With Pci-Girder).
  28. Umum, K. P. (2010). Perencanaan Teknik Jembatan. Direktorat Jenderal Bina Marga, Direktorat Bina Teknik, Jakarta.
  29. Umum, K. P., & Rakyat, P. (2015). Pedoman Persyaratan Umum Perencanaan Jembatan.
  30. Umum, K. P. (2006). Peraturan Pemerintah No 34 Tahun 2006 tentang Jalan.