Main Article Content

Abstract

Jalan Bata-TegalJati merupakan jalan kolektor pada Kabupaten Bondowoso. Kecepatan eksisting yang sebesar 15 – 40 km/jam lebih rendah dari pada kecepatan rencana sebesar 50 – 60 km/jam sehingga perlu dilakukan perencanaan ulang geometrik. Oleh sebab itu, perlu adanya perencanaan ulang geometrik dan perkerasan jalan. Data sekunder yang diperlukan adalah peta topografi, volume lalu lintas, data tanah, harga satuan pekerjaan Kabupaten Bondowoso 2022 yang diperoleh dari Dinas Bina Marga Kabupaten Bondowoso. Hasil perencanaan ulang geometrik jalan terdapat 5 tikungan Spiral-Circle-Spiral dan 10 tikungan Full Circle. Rencana tebal perkerasan jalan adalah lapis pondasi agregat kelas A 30 cm, tebal lapisan pondasi laston (AC-Base) 16 cm, tebal lapisan beton tengah (AC-BC) 6 cm dan lapisan beton aus (AC-WC) 4 cm. Hasil perencanaan ulang didapatkan Rencana Anggaran Biaya sebesar Rp. 22.514.144.814,00,-

Keywords

perencanaan ulang geometrik perkerasan lentur RAB

Article Details

References

  1. Tata Cara Perencanaan Geometrik Jalan Antar Kota dan Jalan Perkotaan (No. 038/TBM/1997). Direktorat Jenderal Bina Marga.
  2. (2) Departemen Permukiman Dan Prasarana Wilayah. Pd T-14-2003 Perencanaan Perkerasan Jalan Beton Semen
  3. (3) Hendarsin, Shirley L. 2000. Penuntun Praktis Perencanaan Teknik Jalan Raya.
  4. Bandung: Politeknik Negeri Bandung.
  5. (4) Kementerian Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat Direktorat Jenderal Bina Marga. Pedoman Desain Geometrik Jalan (No. 13 / P / BM / 2021)
  6. Direktorat Jenderal Bina Marga.
  7. (5) Nailil MN, G. (2018). Perencanaan Jalan alternatif Dengan Menggunakan Perkerasan Lentur pada Ruas Jalan Kabupaten Pamekasan-Sumenep STA 138+ 900-STA 143+ 900 Provinsi Jawa Timur (Doctoral dissertation, Institut Teknologi Sepuluh Nopember).Peraturan Pemerintah Republik Indonesia. Nomor 34 Tahun 2006. Tentang Jalan.
  8. (6) Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 19/PRT/M/2011 Tentang Persyaratan Teknis Jalan
  9. (7) Peraturan Pemerintah Republik Indonesia. Nomor 34 Tahun 2006. Tentang Jalan.
  10. (8) Ramadhani, E. C., Subagyo, U., & Subkhan, M. F. (2020). PERBANDINGAN TEBAL LAPIS PERKERASAN KAKU METODE BINA MARGA 2003 DAN METODE MANUAL DESAIN PERKERASAN 2017 (BINA MARGA) PADA TOL PANDAAN–MALANG STA. 30+ 625 S/D 38+ 488. Jurnal Online SKRIPSI Manajemen Rekayasa Konstruksi Politeknik Negeri Malang, 1(3), 91-96.
  11. (9) RR ATIT, S. A. L. M. A. (2018). Perencanaan Jalan Alternatif Dengan Menggunakan Perkerasan Lentur Pada Ruas Jalan Kabupaten Sampang- Pamekasan Sta 84+ 000-Sta
  12. (10) Sukirman, Silvia. 1999. Dasar-dasar Perencanaan Geometrik Jalan. Penerbit Nova. Bandung.
  13. (11) Perkerasan Lentur Pada Ruas Jalan Kabupaten Sampang- Pamekasan Sta 84+ 000-Sta 90+ 600 Provinsi Jawa Timur (Doctoral dissertation, INSTITUT TEKNOLOGI SEPULUH NOPEMBER).