Main Article Content
Abstract
Jalan Raya Kiageng Gribig – Mayjen Sungkono Kota Malang sepanjang 10,1 km merupakan salah satu akses jalan menuju gerbang Tol Modyopuro, yang menyebabkan peningkatan arus lalu lintas serta kendaraan tonase tinggi melintas pada jalan tersebut, oleh sebab itu permukaan perkerasan jalan mengalami berbagai permasalahan. Salah satu masalah utamanya adalah
banyaknya tambalan yang tidak rata, yang mengakibatkan ketidaknyamanan dalam berlalu lintas. Penelitian ini bertujuan untuk
mengidentifikasi jenis kerusakan yang terjadi, menganalisis tingkat kerusakan, dan memberikan solusi penanganan yang sesuai.
Analisis kerusakan jalan dilakukan dengan berpedoman Indeks Kondisi Perkerasan (IKP) Pd-01-2016-B. Untuk mencapai
tujuan tersebut perlu dilakukan beberapa tahapan diantara lain survei kondisi kerusakan jalan, menghitung unit sampel
kerusakan jalan, menghitung nilai kerapatan kerusakan, menentukan nilai pengurang kerusakan, penentuan nilai pengurang
terkoreksi, penentuan nilai Indeks Kondisi Perkerasan (IKP) untuk memperoleh alternatif penanganan jalan, dan mendapatkan
anggaran biaya yang diperlukan. Data primer yang diperlukan pada penelitian ini yaitu hasil survei kondisi kerusakan secara
visual, sedangkan data sekunder yang dibutuhkan yaitu data lalu lintas harian, data teknis jalan, dan harga satuan pekerjaan
PUPR Kota Malang 2022. Dari analisis yang dilakukan, teridentifikasi beberapa jenis kerusakan yang terjadi di jalan tersebut,
seperti lubang, retak memanjang/melintang, tambalan, dan retak kulit buaya. Dalam perhitungan analisis kondisi jalan,
didapatkan nilai rata-rata kerusakan sebesar 73,927. Berdasarkan metode IKP, kondisi jalan tersebut termasuk dalam kategori
baik (Satisfactory). Rekomendasi penanganan kerusakan dengan cara Scrapping menggunakan Cold Milling Machine (CMM),
Penambalan Lubang, dan pengisian celah/retak permukaan (Crack Sealing). Dengan rencana anggaran biaya yang dibutuhkan
untuk penanganan kerusakan sebesar Rp 1.000.436.000.
Keywords
Article Details
References
- Direktorat Jendral Bina Marga. (2017). Panduan
- Pemilihan Teknologi Pemeliharaan Preventif Perkerasan
- Jalan. Jakarta: Kementrian PUPR.
- Harnaputro, F (2023) "Analisis Kerusakan Jalan Metode
- Bina Marga Pada Ruas Jalan Raya Kiageng GribigMayjen Sungkono Kota Malang” (Skripsi, Program
- Studi D4 Manajemen Rekayasa Konstruksi, Jurusan
- Teknik Sipil Politeknik Negeri Malang)
- Maghfiroh, A., Marjono, & Asdhi P, J. (2022). Analisis
- Kerusakan Jalan Raya Ploso - Plandaan Kabupaten
- Jombang Berdasarkan Metode Bina Marga. JOS MRK,
- - 269..
- Penentuan Indeks Kondisi Perkerasan (IKP)
- No.19/SE/M/2016. Jakarta: Kementrian PUPR.
- Peraturan Pemerintah No 13 Tahun 2011 tentang Tata
- Cara Pemeliharaan Jalan dan Penilikan Jalan. Jakarta:
- Kementrian PUPR Republik Indonesia.
References
Direktorat Jendral Bina Marga. (2017). Panduan
Pemilihan Teknologi Pemeliharaan Preventif Perkerasan
Jalan. Jakarta: Kementrian PUPR.
Harnaputro, F (2023) "Analisis Kerusakan Jalan Metode
Bina Marga Pada Ruas Jalan Raya Kiageng GribigMayjen Sungkono Kota Malang” (Skripsi, Program
Studi D4 Manajemen Rekayasa Konstruksi, Jurusan
Teknik Sipil Politeknik Negeri Malang)
Maghfiroh, A., Marjono, & Asdhi P, J. (2022). Analisis
Kerusakan Jalan Raya Ploso - Plandaan Kabupaten
Jombang Berdasarkan Metode Bina Marga. JOS MRK,
- 269..
Penentuan Indeks Kondisi Perkerasan (IKP)
No.19/SE/M/2016. Jakarta: Kementrian PUPR.
Peraturan Pemerintah No 13 Tahun 2011 tentang Tata
Cara Pemeliharaan Jalan dan Penilikan Jalan. Jakarta:
Kementrian PUPR Republik Indonesia.