Main Article Content

Abstract

U-Turn taman krida terletak di Jalan Soekarno Hatta, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang merupakan U-Turn yang tergolong padat lalu lintasnya, karena di kawasan tersebut merupakan kawasan  yang banyak berdiri pertokoan, serta terdapat juga kampus Politeknik Negeri Malang , dan sebagainya. Sehingga dengan banyaknya pertokoan dan fasilitas umum tersebut menyebabkan banyak kendaraan yang melintasi U-Turn tersebut terutama pada saat jam sibuk seperti pagi dan sore karena pada jam tersebut merupakan berangkat dan pulangnya para mahasiswa dan aktivitas perbelanjaan. Hasil perhitungan nilai volume lalu lintas harian terjadi pada hari jumat pukul 16.00-17.00 sebesar 4557.7 skr/jam, dengan nilai derajat kejenuhan = 1,04 yang artinya kurang memenuhi standar PKJI 2023. Penelitian ini membandingkan empat alternatif: (1)pengalihan sepeda motor, (2)pengalihan mobil, (3)pelebaran jalan, (4)pelebaran jalan dan pengalihan sepeda motor.  Data-data yang digunakan meliputi data primer yaitu survei kondisi geometrik jalan, lalu lintas harian dan hambatan samping. sedangkan data sekunder yaitu peta lokasi penelitian, data pertumbuhan penduduk dan klasifikasi fungsi jalan. Hasil perhitunngan (1)Pengalihan untuk sepeda motor didapatkan nilai derajat kejenuhan 0,89. (2)Pengalihan untuk mobil didapatkan nilai derajat kejenuhan yaitu 0,96. (3)Pelebaran jalan pada sisi timur didapatkan nilai derajat kejenuhan sebesar 0,95. (4)Pelebaran jalan pada sisi timur  dan pengalihan untuk sepeda motor didapatkan nilai derajat kejenuhan Dj= 0,80. Dari hasil analisis empat alternatif penanganan didapatkan yang memenuhi syarat menurut PKJI 2023 yaitu pelebaran jalan sisi timur dan pengalihan sepeda motor Dj<0,85.

Article Details

References

  1. Afriko, R., Kasmuri, M., & Gofar, N. (2020, October). Pengaruh U-Turn Terhadap Kinerja Ruas Jalan (Kasus: U-Turn di Jalan Jendral Ahmad Yani, Palembang). In Bina Darma Conference on Engineering Science (BDCES) (Vol. 2, No. 1, pp. 373-380).
  2. Anggraeni, D., & Supono, M. R. (2017). Pengaruh U–Turn (Putar Balik Arah) Terhadap Kinerja Arus Lalu–Lintas Ruas Jalan Abepura Kota Jayapura. Jurnal PORTAL SIPIL, 6(1), 1-14.
  3. Cintya, C., & Prihutomo, N. B. (2021). ANALISIS KINERJA U-TURN (PUTAR-BALIK) DI RUAS JALAN TRANSYOGI CIBUBUR. In Prosiding Seminar Nasional Teknik Sipil (pp. 196-208).
  4. Fadriani, H. (2018). Pengaruh gerakan putar balik arah kendaraan terhadap derajat kejenuhan ruas jalan arteri. Jurnal Online Sekolah Tinggi Teknologi Mandala, 13(2), 51-59.
  5. Gemu, A. U. T., Arifianto, A. K., & Rahma, P. D. (2020). Pengaruh Putar Balik (U-Turn) Pada Bukaan Median Terhadap Karakteristik Lalu Lintas Di Jalan Soekarno Hatta Kota Malang (Doctoral dissertation, Fakultas Teknik Universitas Tribhuwana Tunggadewi).
  6. Gultom, B. P. (2019). Pengaruh Bukaan ( U-Turn ) di Ruas Jalan Z . A . Pagar Alam Terhadap Kinerja Lalu Lintas (Studi Kasus U-Turn di Depan Wisma Bandar Lampung), 7(2), 299–310.
  7. Jatmiko, E. (2017). analisis kinerja pergerakan kendaraan putaran balik (u-turn) ruas jalan pahlawan di kota samarinda.
  8. Kementrian Pekerjaan Umum. (2023) Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia.
  9. Malangkota.bps.go.id.
  10. Peraturan Pemerintah. (2006). Nomor 34 tahun 2006 Pasal 6 – pasal 20 Tentang Jalan.
  11. Romadhona, P. J., & Fauzi, R. I. (2018). Analisis Dampak Gang pada Putaran Balik Terhadap Kinerja Ruas Jalan Raya Affandi Yogyakarta. Jurnal Teknologi Rekayasa, 3(1), 29-38.
  12. SIREGAR, Deny Syaputra. Impresi Gerakan U-Turn Terhadap Kinerja Lalu Lintas Di Ruas Jalan Jenderal Besar AH Nasution (Studi Kasus). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Teknik [JIMT], 2021, 1.4
  13. Undang Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.
  14. UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 38 TAHUN 2004 TENTANG JALAN.
  15. Widianty, D., Karyawan, I. A., & Wahyudi, M. (2016). ANALISIS RADIUS PUTAR MEDIAN JALAN DENGAN BUKAAN UNTUK PUTARAN BALIK ARAH DI KOTA MATARAM: Turning Radius Analysis of Opening Road Median for U-Turn in Mataram City. Spektrum Sipil, 3(1), 37-48.