Main Article Content

Abstract

Gedung Rumah Sakit X yang terletak di Kota Malang dengan luas bangunan 1.620 m2 yang terdiri dari 8 lantai diperlukan Project planning yang tepat untuk merealisasikan proyek ini agar proyek selesai sesuai rencana. Tujuan penyusunan project planning ini adalah untuk membuat struktur organisasi proyek, site layout dan traffic management, strategi dan metode pelaksanaan, rencana mutu, rencana K3L,  rencana durasi dan biaya pelaksanaan. Dari data-data yang diperlukan dalam penyusunan Project Planning yaitu gambar proyek, dokumen Bill of Quantity, rencana kerja dan syarat-syarat, daftar harga satuan upah, alat, dan material kota Malang tahun 2022. Penyusunan jadwal pekerjaan menggunakan Microsoft Project 2016 dan perencanaan biaya pelaksanaan proyek mengacu pada permen PUPR nomor 1 Tahun 2022. Berdasarkan hasil penyusunan Project Planning diperoleh Penyusunan struktur organisasi yang digunakan adalah tipe struktur organisasi fungsional yang memiliki fungsi dan tugas yang jelas sehingga dapat mengurangi komunikasi yang berlapis-lapis yang dapat menyebabkan kesalahpahaman. Site layout yang dihasilkan adalah site layout alternatif 3 dimana tower crane ditempatkan berdekatan dengan tempat, material, fabrikasi besi, dan fabrikasi bekisting, untuk direksi keet diletakkan berdekatan dengan pintu masuk guna memudahkan akses bagi petugas proyek maupun tamu proyek, toilet diletakkan berdekatan dengan direksi keet. Traffic management menggunakan satu pintu dimana akses keluar masuk proyek berada di satu pintu, Strategi pelaksanaan pada proyek pembangunan gedung pelayanan utama menggunakan 3 zona dan metode pelaksanaan menggunakan bottom up. Rencana mutu disusun berdasarkan Standar Operasional Prosedur (SOP), quality target, serta quality control PDCA. Rencana untuk mencapai target zero accident di lapangan, diwajibkan menggunakan alat pelindung diri serta mengacu pada HIRARC, persiapan peralatan penunjang K3L, dan jadwal program K3L. Durasi rencana pembangunan struktur atas dan bawah selama 160 hari kalender, dan rencana anggaran pelaksanaannya sebesar  Rp 47,686,000,000.00.

Keywords

project planning gedung rumah sakit pekerjaan struktur

Article Details

References

  1. Aziz, Alfida, et al. "MANAJEMEN PROYEK (TINJAUAN TEORI DAN PRAKTIS)." (2022).
  2. Candra Setawan Wibosono. (2019) Penerapan Traffic Management Di Area Dermaga Peti Kemas PT Terminal Teluk Lamong. UNIVERSITAS AIRLANGGA.
  3. Darmawi, H. (2016). Manajemen Resiko (2nd ed.). Bumi Aksara.
  4. Faishol, M., Hasturi, S., & Ulya, M. (2013). Perancangan Ulang Tata Letak Fasilitas Produksi Pabrik Tahu Srikandi Junok Bangkalan. AGROINTEK, 57–65.
  5. Heryanto, I., & Triwibowo, T. (2016). Manajemen Proyek Berbasis Teknologi Informasi (Mengelola Proyek Secara Sistematis Menggunakan Microsoft Project) Revisi Kedua.
  6. Hafnidar, R. (2016). Manajemen Proyek Konstruksi (1st ed.). Deepublish
  7. Husen, Abrar. 2009. Manajemen Proyek, Yogyakarta: Andi Offset.
  8. Jazuli, Fikri Fiddin, Moch Khamim, and Fadjar Purnomo. "PROJECT PLANNING PEMBANGUNAN GEDUNG FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI UINSA SURABAYA." Jurnal Online Skripsi Manajemen Rekayasa Konstruksi (JOS-MRK) 2.4 (2021): 168-173.
  9. Pitaloka, Diah, and Indartono Rivai. "Perbandingan Antara RAB dan RAP Pada Proyek Pembangunan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Depok." Jurnal Teknik Sipil-Arsitektur 19 (2020).
  10. Siswanto, Agus B. & Salim, M.Afif., 2019. Manajemen Proyek. Semarang : CV.Pilar Nusantara.
  11. Tanjung, Mansur. "Fungsi organisasi dalam manajemen proyek." Jurnal Mantik Penusa 1.1 (2017).
  12. Wahid, Abdul, Misbah Munir, and Achmad Rofiq Hidayatulloh. "Analisis resiko kecelakaan kerja menggunakan metode HIRARC PT. SPI." Journal of Industrial View 2.2 (2020): 45-52.
  13. Widiasti, I., & Lenggogeni. (2013). Manajemen Kontruksi. PT. Remaja Rosdakarya