Main Article Content

Abstract

Jalan Raya Pasuruan merupakan jalan arteri yang berada di Kabupaten Pasuruan. Ruas jalan ini merupakan jalan yang menghubung antara daerah  kabupaten pasuruan dan kabupaten malang, Jalan ini juga merupakan salah satu  prasarana transportasi darat yang dapat mempermudah dan membantu pendistribusian bahan dan pangan, yang bertujuan untuk menaikan perekonomian daerah. Ruas Jalan ini dilewati bus antar daerah, truk pertanian, truk angkutan barang, dan kendaraan berat lainnya yang melintas di ruas Jalan Raya Pasuruan. ruas jalan ini memiliki  dua lajur  dan dua arah  dengan golongan kelas jalan III C. Jika diperhatikan ruas jalan ini sering dilewati truk dan juga kinerja lalu lintas yang lumayan tinggi sehingga  menyebabkan jalan mudah mengalami kerusakan..Untuk mengetahui jumlah kerusakan menggunakan metode  PCI (Pavement Condition Index), untuk mengetahui lalulintas harian rata-rata menggunkana MKJI (Manual Kapasitas Jalan Indonesia) dan untuk mengetahui kendaraan overloading mengggunakan metode ESAL (Eqidvalent Single Axle Load). Setelah melakukan penelitian didapati nilai kerusakan rata-rata adalah 52 (fair) dengan bentuk penangnan pemeliharaan jalan, pada analisa LHR didapati derajat kejenuhan yang diperoleh dari segmen 1 adalah 0,45, segmen 2 0,49, segmen 3 0,50, segmen 4 0,53, pada analisis overloading kendaraan didapati nilai ESAL yang melebihi nilai ESAL normal adalahh 31% dan yang memiliki nilai dibawah  normal sebanyak 69%. rencana anggaran biaya untuk penaganan keruskan pada ruas jalan raya pasuruan adalah sebesar 2.452.066.435 (Dua  Milyar Empat Ratus lima Puluh Dua Juta Enam Puluh Enam Ribu Empat Ratus Tiga Puluh Lima Rupiah).

Keywords

road damage average daily traffic vehicle overloading

Article Details

References

  1. PUPR. (2022). Pedoman penyusunan perkiraan biaya Pekerjaan Konstruksi Bidang Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat. Indonesia: Menteri Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia .
  2. Bina Marga. (1997). Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI). Indonesia: Direktorat Jendral Bina Marga.
  3. PUPR. (2011). Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Republik Indonesia Nomor 13/Prt/2011. Indonesia : Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Republik Indonesia.
  4. PUPR, M. (2016). Penetuan Indeks Kondisi Perkerasan (Ikp). Indonesia: Menteri PUPR.
  5. Randi Anggista, I. V. (2017). Analisis Beban Kendaraan Terhadap Derajat. Pekanbaru : Jurnal Teknik Volume 1, Nomor 2.
  6. Ridha, M. D. (2018). Analisa Kondisi Kerusakan Jalan. Lampoh Keude Aceh Besar: Jurnal Teknik Sipil Universitas Teuku Umar .