Main Article Content

Abstract

Proyek jalur lintas selatan lot 7 berada di desa Tambakrejo kecamatan Wonotirto yang memiliki luas wilayah sebesar 4.89 km2, untuk presentase luas wilayah terhadap kecamatan sebesar 2.97%. Jumlah penduduk di Desa Tambakrejo sebanyak 5.108 orang dan kepadatan di Desa Tambakrejo sebanyak 1.045 jiwa/km2. Penelitian dilakukan di jalur lintas selatan LOT 7 pada STA 0+000-5+000. Meningkatnya jumlah penduduk dan kedekatan wilayahnya dengan objek wisata, area perkebunan jagung dan tebu juga persawahan, mengakibatkan daerah sekitar proyek Jalan Lintas Selatan Lot 7, mengalami peningkatan lalu lintas kendaraan baik ringan maupun berat. Untuk refrensi maka direncanakan ulang jalan baru menggunakan metode Pedoman Desain Geometrik Jalan 2021. Data-data yang diperlukan dalam penelitian ini berupa data: trase jalan, peta topografi dan klasifikasi jalan. Hasil dari perhitungan ulang geometrik jalan, terdapat 10 tipe tikungan S – C – S, terdapat 7 lengkung vertikal cembung dan 7 lengkung vertikal cekung, volume galian didapatkan 359.507,910 m3, dan volume timbunan didapatkan 343.810,910 m3.

Keywords

Pedoman Desain Geometrik Jalan 2021 Alinyemen Horisontal Alinyemen Vertikal Jalur Lintas Selatan LOT 7

Article Details

References

  1. Hasim, Mulia Ramadhania, “Perencanaan Ulang Ruas Jalan Lintas Selatan LOT 7 Sta 0+000 s/d 5+000“, 2021.
  2. Arbaiyah., Lumba, P ., Fahmi, K. 2013, Analisis Geometrik Tikungan Padanghulong Pasir Pengaraian
  3. Bethary, R. T., & Pradana, M. F. (2016). PERENCANAAN GEOMETRIK JALAN ALTERNATIF PALIMA-CURUG ((Studi Kasus: Kota Serang). Fondasi: Jurnal Teknik Sipil, 5(2).
  4. Andarini, M. E., & Prastyanto, C. A. (2020). Perancangan Geometrik dan Perkerasan Jalan Tol Cileunyi–Sumedang–Dawuan (Cisumdawu) STA 26+ 800–STA 41+ 939 dengan Jenis Perkerasan Kaku. Jurnal Teknik ITS, 8(2), E129-E134.
  5. Yunus, I. R. (2016). Perencanaan Ulang Dengan Menggunakan Perkerasan Kaku Ruas Maros–Bone Sta. 115+ 600–Sta. 120+ 600 Kabupaten Bone, Provinsi Sulawesi Selatan (Doctoral dissertation, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya).
  6. Aulia, N. (2021) Perencanaan Tebal Perkerasan Kaku Pada Ruas Jalan Tol Binjai-Langsa (Sta 0+ 500–Sta 1+ 000) dengan Metode Manual Desain Perkerasan 2017 (Doctoral dissertation).
  7. Shirley, 2000, dalam Pramudiana D., 2007).
  8. Sukirman, Silvia 1999, Dasar-dasar Perencanaan Geometrik Jalan, Bandung : Nova
  9. Spesifikasi Umum Bina Marga Jalan Tol (2018)