Main Article Content

Abstract

Begawan Apartment Malang seluas 60.552,9 m2 terletak di atas tanah seluas 14.167,81m2. Pekerjaan bekisting dan perancah membutuhkan biaya yang besar, sehingga diperlukan manajemen bekisting dan perancah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang bekisting dan perancah untuk kolom, balok, dan pelat lantai; untuk merencanakan metode zonasi lengkap dengan jadwal, dan untuk memperkirakan biaya setiap alternatif.
Data yang diperlukan adalah produktivitas tenaga kerja, harga satuan kerja Kabupaten Malang 2019, gambar desain dan spesifikasi bekisting dan perancah. Data diolah untuk merancang bekisting dan perancah, kemudian untuk mengetahui kekuatannya. Zonasi direncanakan terdiri dari 5 zonasi. Penjadwalan mengacu pada Microsoft Project dan estimasi mengacu pada PERMEN PUPR 2016.
Hasilnya dalam desain bekisting dengan dimensi yang ditentukan aman dari defleksi; pada 241 hari kerja dengan harga Rp8.212.364.337,02.

Keywords

perancah, scaffolding, zoning method

Article Details

References

  1. Gunawan, I. R. (1988). Tabel Profil Konstruksi Baja. Kanisius.
  2. Mardal, M., (2008), “Optimalisasi Waktu Dan Biaya Pekerjaan Bekisting Untuk Gedung Bertingkat Dengan Sistem Zoning (Studi Kasus: Proyek Shangri-La Hotel Condominium Jakarta.)”. Skripsi, Fakultas Teknik Sipil Universitas Indonseia, Depok.
  3. Nashir, A., (2010). “Optimalisasi Waktu Dan Biaya Pekerjaan Beksiting Melalui Sistem Siklus Pemakaian Dan Sistem Zoning Pada Gedung Bertingkat (Studi Kasus : Proyek Universitas Gadjah Mada Kampus Jakarta)”. Skripsi, Fakultas Teknik Sipil Universitas Indonseia, Depok.
  4. Nawy, E. G., (1997), “Concrete Construction Engineering Handbook.” New York: Crc Press Bocaraton.
  5. Parani, A. R. A., (2018). Analisis Perbandingan Efisiensi Penggunaan Metode Bekisting Konvensional Dengan Metode Bekisting Semi-Sistem Perkuatan Besi Hollow Pada Proyek Hotel Ibis Surabaya, (Doctoral Dissertation, University Of Muhammadiyah Malang).
  6. Segel. R, Kole, P, Gideon H.Kusuma, (1993). Pedoman Pengerjaan Beton. Jakarta: Penerbit Erlangga.
  7. Sumargo, S., & Nata, A. R. (2006). Keruntuhan Perancah Scaffolding Saat Pelaksanaan Pengecoran. Media Komunikasi Teknik Sipil, 14(1), 1-12.
  8. Wigbout, F. (1992). Bekisting (Kotak Cetak). Jakarta: Penerbit Erlangga.