Main Article Content
Abstract
Malang adalah kota terbesar kedua di Jawa Timur. Pertumbuhan penduduk dan kegiatan pendidikan tahunan mengalami
peningkatan yang cukup signifikan yang menyebabkan kemacetan tinggi, sehingga perlu dikembangkan upaya untuk mengatasi
hal tersebut, salah satunya dengan pembangunan jalan raya yaitu pembangunan underpass yang terletak di Jalan Singosari STA
0 + 400 interchange. Pembangunan ini untuk menghubungkan jalur jalan nasional Surabaya-Kota Malang dan menghubungkan
jalur akses keluar masuk tol Pandaan-Malang. Underpass tersebut akan dibangun sepanjang 326,8 meter, lebar jalan yang akan
digali adalah 18,5 meter, diperuntukan untuk 2 lajur dan 2 arah. Masing-masing jalur memiliki lebar 7 meter, lebar trotoar 0,75
meter, dan lebar median 0,8 meter.
Pembangunan dinding penahan direncanakan dengan metode turap beton dengan menggunakan teknologi pracetak. Metode
sheet pile beton adalah suatu metode pelaksanaan pekerjaan dinding penahan tanah berupa dinding vertikal yang relatif tipis
yang berfungsi menahan tanah dan juga menahan air agar tidak masuk ke lubang galian. Metode ini merupakan tumpukan sheet
pile beton pracetak dalam satu baris membentuk satu kesatuan dinding penahan. Dimensi profil sheet pile beton untuk
perhitungan perencanaan yaitu profil sheet pile beton profil W-600 kelas B dan profil W-450 kelas B. Biaya pengerjaan dinding
penahan dengan metode profil tiang pancang beton W-600 kelas B menghabiskan biaya Rp. 33.169.257.072, -. Sedangkan sheet
pile beton profil kelas B W-450 harganya Rp. 31.247.416.694, -. Durasi pelaksanaan profil tiang pancang beton W-600 kelas B
dan profil W-450 kelas B membutuhkan waktu yang sama 42 hari. Dari uraian diatas maka dipilih pelaksanaan pekerjaan dinding
penahan beton dengan metode profil tiang pancang W-450 kelas B, karena dalam pelaksanaannya membutuhkan biaya yang
lebih ekonomis dan memiliki kualitas struktur yang kuat.
Keywords
Article Details
References
- Das, B.M., Mochtar, N.E, dan Mochtar, I.B., 1985,
- Mekanika Tanah (Prinsip-prinsip Rekayasa
- Geoteknik), Jilid I, Erlangga, Jakarta.
- Das, B.M., Mochtar, N.E, dan Mochtar, I.B., 1985.
- Mekanika Tanah (Prinsip-prinsip Rekayasa
- Geoteknik), Jilid II, Erlangga, Jakarta.
- Simatupang, P.T., 2008, Modul 1: Jenis Turap dan
- Turap Kantilever, Rekayasa Pondasi II, Pusat
- Pengembangan Bahan Ajar UMB, Jakarta.as, Braja,
- M., (1995).”Mekanika Tanah I”. Surabaya: Erlangga.
- Hardiyatmo, Hary, C., (2002).”Mekanika Tanah II”.
- Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
- Chu, S. C. (1991). “Rankine Analysis of Active and
- Passive Pressures on Dry Sand,” Soils and
- Foundations, Vol. 31, No. 4, pp. 115–120.
- Seed, H. B. and Whitman, R. V. (1970). “Design of
- Earth Retaining Structures for Dynamic Loads,”
- Proceedings, Specialty Conference on Lateral Stresses
- in the Ground and Design of Earth Retaining
- Structures, American Society of Civil Engineers, pp.
- –147.
- Warman, S. M. 2019. Kumpulan Korelasi Parameter
- Geoteknik dan Fondasi. Jakarta: Kementrian Pekerjaan
- Umum dan Perumahan Rakyat Direktorat Jendral Bina
- Marga
References
Das, B.M., Mochtar, N.E, dan Mochtar, I.B., 1985,
Mekanika Tanah (Prinsip-prinsip Rekayasa
Geoteknik), Jilid I, Erlangga, Jakarta.
Das, B.M., Mochtar, N.E, dan Mochtar, I.B., 1985.
Mekanika Tanah (Prinsip-prinsip Rekayasa
Geoteknik), Jilid II, Erlangga, Jakarta.
Simatupang, P.T., 2008, Modul 1: Jenis Turap dan
Turap Kantilever, Rekayasa Pondasi II, Pusat
Pengembangan Bahan Ajar UMB, Jakarta.as, Braja,
M., (1995).”Mekanika Tanah I”. Surabaya: Erlangga.
Hardiyatmo, Hary, C., (2002).”Mekanika Tanah II”.
Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Chu, S. C. (1991). “Rankine Analysis of Active and
Passive Pressures on Dry Sand,” Soils and
Foundations, Vol. 31, No. 4, pp. 115–120.
Seed, H. B. and Whitman, R. V. (1970). “Design of
Earth Retaining Structures for Dynamic Loads,”
Proceedings, Specialty Conference on Lateral Stresses
in the Ground and Design of Earth Retaining
Structures, American Society of Civil Engineers, pp.
–147.
Warman, S. M. 2019. Kumpulan Korelasi Parameter
Geoteknik dan Fondasi. Jakarta: Kementrian Pekerjaan
Umum dan Perumahan Rakyat Direktorat Jendral Bina
Marga