Main Article Content
Abstract
Kemacetan lalu lintas terjadi pada Jalan Nasional Tanah Merah – Jalan Nasional Suramadu Kabupaten Bangkalan, Madura
karena meningkatnya volume lalu lintas akibat pembangunan Jembatan Suramadu yang mengakibatkan peningkatan
perekonomian di daerah tersebut. Tiga perencanaan alternatif jalan dibuat untuk menentukan yang paling aman, nyaman dan
efisien. Data yang dibutuhkan untuk perencanaan adalah volume jam perencanaan lalu lintas dan Peta topografi. Perencanaan
ini mengacu pada Geometrik Jalan Perkotaan (RSNI T-14-2004), Tata Cara Perencanaan Geometrik Jalan Antar Kota No.
038/T/BM/1997. Perencanaan ini menghasilkan Jalan Alternatif 2 dengan Panjang 12,583 Km, lebar per lajur 3,5 m, tipe jalan
4 lajur 2 arah tidak terbagi (4/2 UD), dan bahu jalan selebar 2,5 m; 5 tikungan S-C-S (Spiral Circle Spiral) dan lengkung
vertikal 4 cembung dan 4 cekung.
Keywords
Article Details
References
- DPU, Bina Marga. Tata Cara Perencanaan Geometrik
- Jalan Antar Kota (TPGJAK) No. 038/T/BM/1997.
- Effendi, M., & Hendarto, R. M. (2013). Dampak
- Pembangunan Jembatan Suramadu Terhadap
- Perekonomian Pulau Madura (Studi Kasus Kabupaten
- Bangkalan) (Doctoral dissertation, Fakultas
- Ekonomika dan Bisnis).
- Fahlifie, A., Sukirman, S., & Haris, S. (2010). Evaluasi
- Terhadap Perencanaan Geometrik Pada Jalan Alternatif
- Waduk Darma Kabupaten Kuningan Jawa Barat. Jurnal
- Teknik Sipil ITENAS, 5(1), 42-47.
- Nasional, B. S. (2004). Geometri Jalan Perkotaan (RSNI
- T–14-2004). Jakarta Indonesia.
- Nomor, U. U. R. I. (38). tahun 2004 tentang
- Jalan. Jakarta (ID): Sekretariat Negara.
- Ulum, B. (2019). Kemacetan panjang terjadi di jalan
- raya kawasan Pasar Tanah Merah.
- https://radarmadura.jawapos.com/read/2018/06/14/815
- /ke macetan-terparah-tetap-tanah-merah
- Umum, D. P. (2006). Peraturan Pemerintah Republik
- Indonesia Nomor 34 Tahun 2006 tentang Jalan. Badan
- Penerbit Pekerjaan Umum
References
DPU, Bina Marga. Tata Cara Perencanaan Geometrik
Jalan Antar Kota (TPGJAK) No. 038/T/BM/1997.
Effendi, M., & Hendarto, R. M. (2013). Dampak
Pembangunan Jembatan Suramadu Terhadap
Perekonomian Pulau Madura (Studi Kasus Kabupaten
Bangkalan) (Doctoral dissertation, Fakultas
Ekonomika dan Bisnis).
Fahlifie, A., Sukirman, S., & Haris, S. (2010). Evaluasi
Terhadap Perencanaan Geometrik Pada Jalan Alternatif
Waduk Darma Kabupaten Kuningan Jawa Barat. Jurnal
Teknik Sipil ITENAS, 5(1), 42-47.
Nasional, B. S. (2004). Geometri Jalan Perkotaan (RSNI
T–14-2004). Jakarta Indonesia.
Nomor, U. U. R. I. (38). tahun 2004 tentang
Jalan. Jakarta (ID): Sekretariat Negara.
Ulum, B. (2019). Kemacetan panjang terjadi di jalan
raya kawasan Pasar Tanah Merah.
https://radarmadura.jawapos.com/read/2018/06/14/815
/ke macetan-terparah-tetap-tanah-merah
Umum, D. P. (2006). Peraturan Pemerintah Republik
Indonesia Nomor 34 Tahun 2006 tentang Jalan. Badan
Penerbit Pekerjaan Umum