Main Article Content

Abstract

Gedung apartemen One Signature Gallery Surabaya merupakan proyek bangunan gedung dengan jumlah lantai sebanyak 33 lantai. Bangunan ini memiliki total luas bangunan gedung sebesar ±66.611 m2. Dalam proses konstruksinya, alat berat yang dipakai sebagai alat bantu untuk mengangkut material berupa Tower Crane. Studi ini bertujuan untuk menghitung jumlah dan menghitung biaya operasional Tower Crane. Data yang diperlukan dalam pengerjaan skripsi ini meliputi gambar struktur, spesifikasi Tower Crane, dan harga sewa alat berat. Data-data tersebut kemudian diolah dengan menggunakan metode kuantitatif. Output yang didapat dari data-data yang ada berupa jumlah Tower Crane yang dibutuhkan dan biaya pengadaan dan operasional. Berdasarkan hasil perhitungan, Tower Crane yang dibutuhkan untuk melakukan pekerjaan struktur atas sebanyak 2 Tower Crane dengan jumlah waktu pelaksanaan sebanyak 4.790 Jam. Untuk total biaya untuk pengadaan dan operasional Tower Crane sebesar Rp. 4.878.000.000,00.

Keywords

tower crane; produktivitas; biaya operasional

Article Details

References

  1. Ahmad, Iqafdi Ardiansyah. (2018). Analisis Produktivitas Dan Biaya Operasional Tower Crane Pada Proyek Puncak Central Business District Surabaya. Jurnal Rekayasa Teknik Sipil. Vol. 2, No. 2.
  2. Fadhevi, Ratu Gudam. 2016. Studi Kasus Perubahan Letak dan Pondasi Tower Crane Static Menjadi Tower Crane Climbing pada Proyek At District 8 Senopati Jakarta Selatan. Jurnal Forum Mekanika. ISSN : 2356 - 1491
  3. Abdelmegid, M.A, Shawki, K.M. and Khalek, H.A. 2015. GA Optimization Model for Solving Tower Crane Location Problem in Construction Sites. Alexandria Engineering Journal 54, 519-526.
  4. Al-Hussein, M., Niaz, M.A., Yu, H., and Kim, H. 2006. Integrating 3D Visualization and Simulation for Tower Crane Operations on Contruction Sites. Automation in Contruction. 15, 554-562
  5. Asiyanto. 2008. Manajemen Alat Berat untuk Konstruksi. Jakarta. Penerbit PT. Percetakan Penebar Swadaya.
  6. Rostiyanti, Susy Fatena, 2008. Alat Berat Untuk Proyek Konstruksi. Jakarta : Penerbit PT. Rineka Cipta.
  7. Suryadharma, Hendra, 1998. Alat-Alat Berat. Yogyakarta : Penerbit Universitas Atma Jaya.