Main Article Content

Abstract

Salah satu dampak pertumbuhan penduduk di Kota Malang adalah peningkatan debit limpasan permukaan dan penurunan imbuhan air tanah yang mengakibatkan genangan di musim hujan dan kekurangan air di musim kemarau. Tujuan dari penelitian ini adalah mengusulkan rehabilitasi saluran guna meningkatkan pelayanan drainase. Untuk melakukan penelitian ini diperlukan data curah hujan dari tiga stasiun terdekat yaitu Dinoyo, Blimbing dan Tajinan tahun 2009-2018, peta topografi, dan dimensi saluran dan bangunan eksisting. Data curah hujan disiapkan dengan melakukan analisis data yang hilang, uji konsistensi dengan kurva massa ganda, dan analisis curah hujan areal. Distribusi curah hujan rancangan dihitung dengan Log Pearson Type III dengan periode ulang 5 tahun. Survei lapangan dilakukan untuk menilai dimensi dan kualitas drainase yang ada beserta strukturnya. Pemeliharaan dilakukan sesuai dengan kondisi di lapangan. Perencanaan drainase berwawasan lingkungan sumur resapan dan perencanaan desain ulang saluran sekunder dipilih sebagai pengurang debit rancangan. Berdasarkan perencanaan tersebut, didapatkan hasil Q total sumur resapan sebesar 1,23537 m3/dt dengan pembagian sumur resapan kecil sebanyak 32 buah dan sumur resapan besar sebanyak 40 buah. Perencanaan desain ulang saluran sekunder blok C1 didapatkan dimensi b = 1 ; h = 1,3 menggunakan kontruksi U Ditch 100x120x120 yang dapat menampung debit hingga sebesar 1,8665 m3/dt.

Keywords

drainase; rehabilitasi; sawojajar

Article Details

References

  1. Ardiyana, M., Bisri, M., dan Sumiadi. 2016. Studi Penerapan Ecodrain Pada Sistem Drainase Perkotaan (Studi Kasus: Perumahan Sawojajar Kota Malang). Jurnal Teknik Pengairan, 7(2), 295-309.
  2. Gunawan, Chow, V. T. 1959. Hidrolika Saluran Terbuka. Jakarta: Erlangga
  3. Soemarto, C.D 1987. Hidrologi Teknik. Surabaya: Usaha Nasional.
  4. Pedoman Perencanaan Drainase Departemen Pekerjaan Umum 2006.
  5. Suripin. 2004. Sistem Drainase Perkotaan yang Berkelanjutan. Yogyakarta: Andi Offset.
  6. Suroso, Suharyanto, A., Anwar, M.R., Pudyono, dan Wicaksono, D.H. 2015. Evaluasi dan Perencanaan Ulang Saluran Drainase Pada Kawasan Perumahan Sawojajar Kecamatan Kedungkandang Kota Malang. Jurnal Rekayasa Sipil, 8(3), 207-213.
  7. Suprayogi, H., Juwono, P.T., dan Subagiyo, A. 2019. Indeks Drainase dan Banjir Perkotaan. Jakarta: Kompas.