Main Article Content

Abstract

Metode pelaksanaan konstruksi adalah bagian yang sangat penting dalam proyek konstruksi untuk mendapatkan tujuan dari proyek, yaitu biaya, kualitas dan waktu. Aspek teknologi sangat berperan dalam suatu proyek konstruksi. Penggunaan metode yang tepat, praktis, cepat, dan aman sangat membantu dalam penyelesaian pekerjaan pada suatu proyek konstruksi. Sehingga target suatu kontraktor proyek dapat tercapai, seperti pada pembangunan Terminal Internasional Kijing Pontianak Kalimantan Barat perlu dilakukan proses percepatan perbaikan tanah sebelum proses konstruksi dilaksanakan, diharapkan dengan menggunakan Preloading disertai vertical drain maka besarnya penurunan setelah masa konstruksi dapat diperkecil, waktu konsolidasi dipercepat dan daya dukung tanah dasar diperbesar.
Pekerjaan percepatan konsolidasi tanah dengan metode Preloading dengan Prefabricated Vertical Drain (PVD) terdiri dari persiapan lahan/lokasi, pengadaan material, tenaga kerja, dan peralatan kerja untuk pelaksanaan pekerjaan percepatan perbaikan tanah lunak dengan menggunakan Preloading dengan PVD. Metode Preloading dengan PVD dimaksudkan untuk mempercepat penurunan dan meningkatkan daya dukung tanah asli yang lunak dengan melakukan pengurangan air pori lewat PVD pada tanah dengan maksud untuk mengurangi kadar air ataupun kadar udara pada butiran tanah sehingga dapat memepercepat penurunan jangka panjang. Dengan meode Preloading disertai PVD dapat mengurangi material yang digunakan untuk pra pembebanan, mengurangi material timbunan, mempercepat waktu konsolidasi, dan menaikkan stabilitas timbunan.

Keywords

perbaikan tanah, metode pelaksanaan konstruksi, Preloading, Prefabricated Vertical Drain (PVD).

Article Details

References

  1. Jawat, W. (2015). Metode Pelaksanaan Pekerjaan Pondasi (Studi: Proyek Fave Hotel Kartika Plaza). PADURAKSA: Jurnal Teknik Sipil Universitas Warmadewa, 4(2), 22-34.
  2. Ningsih, A. C. (2018). Perencanaan perbaikan tanah lunak menggunakan metode preloading dan prefabricated vertical drain (PVD).
  3. Saraswati, F. I., Zaika, Y., & Kuswanda, W. P. (2018). Perencanaan Perbaikan Tanah Lunak pada Pembangunan Kawasan Kota Summarecon Bandung Area Mall Menggunakan Metode Preload Kombinasi PVD dan PHD. Jurnal Mahasiswa Jurusan Teknik Sipil, 1(1), pp-019.
  4. Wahyu P Kuswanda (2016). Perbaikan Tanah Lempung Lunak Metoda Preloading pada pembangunan infrastruktur Transportasi di Pulau Kalimantan (prosiding seminar nasioanal geoteknik.