OPTIMALISASI DESAIN LABORATORIUM BUILDING INFORMATION MODELING (BIM) UNTUK PENINGKATAN KETERAMPILAN AUTOCAD

Authors

  • Setiyono Politeknik Negeri Malang
  • Trias Rahardianto Politeknik Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.33795/prokons.v18i2.6564

Keywords:

Building Information Modelling, laboratorium BIM, AutoCAD, desain teknik, pendidikan teknik.

Abstract

Laboratorium Building Information Modeling (BIM) memiliki peran strategis dalam mendukung pembelajaran berbasis teknologi di bidang konstruksi. Namun, banyak laboratorium BIM yang belum optimal dalam mendukung pembelajaran AutoCAD, terutama dalam mencapai tingkat ketelitian tinggi yang dibutuhkan dalam desain teknik. Penelitian ini bertujuan untuk merancang laboratorium BIM yang ideal guna meningkatkan keterampilan mahasiswa dalam menggunakan AutoCAD. Metodologi penelitian menggunakan analisis kebutuhan melalui survei, wawancara, dan observasi pada laboratorium BIM di institusi pendidikan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kendala utama terletak pada perangkat keras dengan spesifikasi rendah, perangkat lunak yang belum terbarukan, serta kurangnya bahan ajar. Rancangan laboratorium BIM yang diusulkan mencakup penyediaan perangkat keras berperforma tinggi, perangkat lunak terkini, serta modul praktikum berbasis proyek. Implementasi rancangan ini menghasilkan peningkatan signifikan dalam ketelitian gambar teknik (+20%), produktivitas mahasiswa (+25%), dan kepuasan mahasiswa (+23%). Penelitian ini memberikan kontribusi nyata dalam pengembangan laboratorium BIM yang lebih efektif dan efisien, sekaligus menjadi referensi bagi institusi pendidikan dalam menghadapi tuntutan teknologi konstruksi modern.

References

Handayani, N. (2022). Pengaruh Penguasaan AutoCAD terhadap Pemahaman Mahasiswa tentang BIM. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil, 10(2), 55–68.

Hidayat, M; Rahmat, A. (2020). Optimalisasi Penggunaan AutoCAD dalam Pembelajaran Berbasis BIM. Jurnal Teknologi Dan Pendidikan, 6(2), 45–56.

Kusumawati, D; Pratama, I. (2020). Implementasi BIM dalam Pendidikan Teknik Sipil. Jurnal Teknologi Konstruksi, 9(3), 123–134.

Prasetyo, B; Nugroho, T. (2022). Analisis Kendala Laboratorium BIM di Perguruan Tinggi. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil, 10(1), 35–48.

Sulistyo, R. (2021). Peran BIM dalam Pengembangan Kompetensi Mahasiswa Teknik Sipil. Jurnal Ilmu Teknik Sipil, 7(4), 123–132.

Suryani, D. (2023). Desain Laboratorium BIM untuk Meningkatkan Keterampilan Mahasiswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Teknik, 11(1), 67–79.

Wibowo, A; Hermawan, B. (2021). Integrasi Teknologi dalam Kurikulum Pendidikan Teknik. Jurnal Teknologi Dan Manajemen Pendidikan, 8(2), 89–101.

Wijaya, A. (2021). Evaluasi Kinerja Laboratorium BIM di Perguruan Tinggi. Jurnal Pendidikan Teknik Dan Manajemen, 7(4), 89–102.

Downloads

Published

2024-08-31

How to Cite

[1]
Setiyono and T. Rahardianto, “OPTIMALISASI DESAIN LABORATORIUM BUILDING INFORMATION MODELING (BIM) UNTUK PENINGKATAN KETERAMPILAN AUTOCAD”, PJTS, vol. 18, no. 2, pp. 81–86, Aug. 2024.