Main Article Content

Abstract

Pohon palem merupakan tumbuhan asli daerah tropis. Di wilayah Indonesia, dapat ditemui hampir di seluruh provinsi dari Sabang sampai Merauke, mulai dari pantai, dataran rendah hingga dataran tinggi. Pelepah pohon palem selama ini hanya dianggap sebagai sampah. Bentuknya yang besar dan dan kasar membuatnya sulit untuk dimanfaatkan. Pada akhirnya pelepah-pelepah pohon palem tersebut hanya akan dibuang dan dibakar oleh masyarakat sekitar tanpa ada ide untuk memanfaatkannya menjadi barang yang berguna dan mempunyai harga jual tinggi. Pada penelitian ini dirancang alat pengepres pelepah pohon palem menjadi piring menggunakan kontrol PLC. Alat pengepres pelepah pohon palem ini menggunakan sensor RTD PT100 sebagai pengukur dan pembacaan suhu pada cetakan (mold), PLC CP1H sebagai kontrol, serta memanfaatkan kontrol PID yang bertujuan untuk mempercepat dan menstabilkan suhu pada setpoint. Nilai yang didapat pada kontrol PID ini yaitu dengan Kp sebesar 4, Ti sebesar 2168, Td sebesar 524 dengan setpoint 120˚ derajat C dan lama pengepresan 40 detik akan menghasilkan piring yang bagus dari pelepah pohon palem.

Keywords

Pelepah Pohon Palem RTD PT100 PLC CP1H OMRON

Article Details

References

  1. Safitri, H. K., Rifa'i, M., & Prakoso, R. A. (2021). Desain dan analisis kontrol temperature mold pada mesin pencetak piring pelepah pohon palm. JURNAL ELTEK, 19(1), 87-93.J.
  2. Kurniawan, D. (2011). Pengaruh Suhu Dan Waktu Terhadap Hasil Cetak Plastik Dengan Mold Dari Alumunium Pada Proses Mechanical Thermoforming (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
  3. Pradibto, T. R., & Adi, K. (2015). Otomasi Sistem Destilasi Menggunakan Plc Omron Cp1h dan Kontrol Suhu dengan Kendali Auto Tuning Pid dalam Penampil Scada. Youngster Physics Journal, 4(4), 311-316.
  4. Dewi, O. C. (2018). PERANCANGAN SISTEM KEAMANAN PINTU GARASI MOBIL MENGGUNAKAN RADIO FREQUENCY IDENTIFICATION (RFID) BERBASIS PROGRAMMABLE LOGIC CONTROLLER (PLC) SCHNEIDER TM221CE16R DAN HUMAN MACHINE INTERFACE (HMI) PADA SMARTHOME (Doctoral dissertation, undip).
  5. Haryanto, H., & Hidayat, S. (2016). Perancangan HMI (Human Machine Interface) Untuk Pengendalian Kecepatan Motor DC. Setrum: Sistem Kendali-Tenaga-elektronika-telekomunikasi-komputer, 1(2), 58-65.
  6. Aji, W. S., & Junaidi, A. (2017). Sistem Pengontrol Suhu Ruangan dengan Algoritma PID Menggunakan PLC Omron CP1e-NA20DR-A. Jurnal Ilmu Teknik Elektro Komputer dan Informatika (JITEKI), 3(2), 47.
  7. Kurniawan, S., & Isnen, M. (2018). Pengaruh Temperatur dan Lama Waktu Pengepresan Alat Hot Press Daun Pelepah Pinang. Jurnal Inovator, 1(2), 14-17.
  8. Bolton, W. (2006). Sistem instrumentasi dan sistem kontrol. Erlangga, Jakarta.
  9. Putri, M. D. I., Ma'arif, A., & Puriyanto, R. D. (2022). Pengendali Kecepatan Sudut Motor DC Menggunakan Kontrol PID dan Tuning Ziegler Nichols. Techno (Jurnal Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Purwokerto), 23(1)
  10. Agustian, I., Prakoso, D. S., Faurina, R., & Daratha, N. (2022). Sistem Kendali Suhu Mesin Tetas Telur Ayam Buras Menggunakan Kontroler PID dengan Metode Tuning Ziegler Nichols Open Loop Step Response. Jurnal Amplifier: Jurnal Ilmiah Bidang Teknik Elektro Dan Komputer, 12(1), 1-5.