Main Article Content

Abstract

Dengan bertambahnya kebutuhan fosil sebagai energi utama menjadi pendorong digunakannya energi terbarukan sebagai solusi agar penggunaan bahan bakar fosil dapat berkurang. Salah satu sumber energi terbarukan yang memiliki potensi terbesar di Indonesia yaitu energi surya. Energi surya akan dikonversi menjadi energi listrik secara langsung dengan memanfaatkan modul photovoltaic. Modul photovoltaic memiliki kelemahan dalam memperoleh daya keluaran maksimum karena iradiasi maupun suhu yang diterimanya berubah-ubah. Maka dari itu, photovoltaic membutuhkan sistem kontrol untuk menghasilkan daya maksimal yaitu dengan Maksimum Power Point Tracking (MPPT). Jurnal ini diimplementasikan menggunakan metode fuzzy logic kontroler sebagai sistem MPPT melalui mikrokontroler Arduino Uno R3 yang digunakan untuk membangkitkan sinyal PWM. Sistem MPPT akan terhubung ke DC-DC konverter buck untuk mendapatkan daya keluaran maksimal pada modul photovoltaic untuk proses pengisian aki. Dari hasil pengujian yang telah dilakukan, konverter buck mampu menurunkan tegangan keluaran setpoint sebesar 14V yang merupakan tegangan stabil untuk beban aki 12V 7Ah dengan metode fuzzy logic kontroler Mamdani yang menunjukkan kinerja baik. Proses pengecasan aki dilakukan selama 1 jam 10 menit dengan kondisi awal 11,7V hingga penuh sebesar 13,8V.

Keywords

Aki Fuzzy Logic Controller Konverter Buck Photovoltaic MPPT

Article Details

References

  1. D. Dewatama, M. Fauziyah and H. K. Safitri, "Optimasi Buck Converter Pada Solar Tree Menggunakan Kontrol Logika Fuzzy,”," Jurnal ELTEK, No. 2, vol. 15, pp. 36-51, 2017.
  2. O. Melfazen, "Stabilisasi Tegangan Keluaran Buck converter Dengan Metode Fuzzy Logic Controller," Jurnal ELTEK, No. 02, pp. 125-137, 2018.
  3. H. Asy’ari and D. A. Widodo, "Sistem Pengisian Baterei Menggunakan Buck Konverter," Jurnal INVOTEK (Jurnal Inovasi Vokasional dan Teknologi), pp. 117-124, 2018.
  4. Y. Antonisfia and E. Madona, "Pengisian Aki Dengan Buck Converter," Jurnal Elektron, Vol 5, pp. 29-33, 2013.
  5. A. Komarudin, "Desain dan Analisis Proporsional Kontrol Buck-Boost Converter Pada Sistem Photovoltaik," Jurnal ELTEK, No.2, vol. 12, pp. 78-89, 2014.
  6. W. D. Mufty, D. O. Anggriawan and M. Efendi, "Baterai Charger Vrla Dengan Metode Constant Current Constant Voltage Berbasis Kontrol PI," Jurnal Engineering and Science, No. 1, vol. 6, pp. 235-243, 2020.
  7. A. S. Pratiwi, S. D. Nugraha and E. Sunarno, "Desain dan Simulasi Bidirectional DC-DC Converter Penyimpanan Energi pada Sistem Fotovoltaik," Jurnal Nasional Teknik Elektro dan Teknologi Informasi, No. 3, vol. 9, pp. 305-310, 2020.