Main Article Content

Abstract





Laboratorium memiliki aset berupa alat praktikum dan penunjangnya yang dapat dipinjamkan kepada mahasiswa untuk keperluan operasional. Saat ini, teknisi laboratorium masih menggunakan pencatatan peminjaman alat laboratorium secara manual menggunakan buku kemudian akan diinput data tersebut ke program Microsoft Excel. Hal tersebut akan menimbulkan kurangnya efisiensi proses peminjaman dan lamanya proses pelaporan data. Oleh karena itu, solusi penanggulangan masalah tersebut yaitu membuat sistem peminjaman otomatis inventaris laboratorium menggunakan RFID (Radio Frequency Identification) yang terintegerasi dengan database menggunakan Website yang berfungsi menampilkan interface data peminjaman alat laboratorium sehingga proses peminjaman menjadi lebih efisien dan terstruktur. Sehingga pada penelitian waktu performa kecepatan pengiriman pada alat ini menghasilkan proses pemindaian RFID dapat dilakukan pada jarak 5-50mm dengan kecepatan penerimaan rata-rata 1,2 detik. Dan kecepatan akses website memiliki rata-rata 32 mili detik. Sedangkan kecepatan penerimaan data tag dari alat ke website memiliki rata-rata 3.73 detik. Waktu performa penerimaan pada sistem dipengaruhi oleh cepat atau lambatnya jaringan dan kemampuan device yang sedang digunakan.


 





Keywords

rfid inventaris laboratorium website performa

Article Details

References

  1. E. Yaman, “Pengoptimalan Peran Kepala Labor dalam Menunjang Pembelajaran IPA di SMPN 7 Kubung,” Jurnal Penelitian Guru Indonesia, p. Vol 1, 2017.
  2. B. Prayoga, “RFID,” 5 Juli 2021. [Online]. Available: https://te.umtas.ac.id/2021/07/05/rfid/.
  3. S. Aminah and A. S. Sunarya, “Desain dan Implementasi Sistem Peminjaman Alat Praktikum Pada Laboratorium Berbasis Web dan RFID,” Bandung, 2019.
  4. N. V. Amanda, M. J. Afroni and B. D. Sulo, “E-Inventory pada Laboratorium Teknik Elektro di Universitas Islam Malang Menggunakan Barcode Scanner,” in Informatics, Electrical and Electronics Engineering (Infotron) Volume 2, Nomor 1, (2021) pp. 71-78, Malang, 2020.
  5. S. Fransisca and M. Ramalia Noratama Putri, “PEMANFAATAN TEKNOLOGI RFID UNTUK PENGELOLAAN INVENTARIS SEKOLAH DENGAN METODE (R&D),” in Jurnal Mahasiswa Aplikasi Teknologi Komputer dan Informasi, Pekanbaru, 2019.
  6. D. R. Paratama, S. Nyoman Bogi Aditya Karna and S. Rika Yuliant, “IMPLEMENTASI SISTEM PEMINJAMAN BUKU SELF LOAN DENGAN RFID PADA OPEN LIBRARY UNIVERSITAS TELKOM,” in e-Proceeding of Engineering : Vol.6, No.1 April 2019, Surabaya, 2019.
  7. H. Lestari, “Perancangan Sistem Absensi dengan RFID Menggunakan Custom RFID,” Bandung, 2019.
  8. D. F. Arranda, “Kontrol Lampu Ruangan Berbasis Web Menggunakan NodeMCU ESP8266,” Yogyakarta, 2017.
  9. ardutech, “Apa itu NodeMCU V3 & Fungsinya dalam IoT (Internet of Things),” 22 Februari 2020. [Online]. Available: https://www.ardutech.com/apa-itu-nodemcu-v3-fungsinya-dalam-iot-internet-of-things/.
  10. F. A. N. R. d. A. I. Warjiyono, “Metode FAST& Framework PIECES : Analisis & DesainSistem Informasi PenjualanBerbasis Website,” IJSE - Indonesian J. SoftwareEngineeri, vol. 6, no. 2, 2020.
  11. S. D. D. R. S. Wahono, “Pengantar Unified Modeling Language (UML)”.
  12. Yasin, “Pengertian HTTP Beserta Fungsi dan Cara Kerjanya,” 2019. [Online]. Available: https://www.niagahoster.co.id/blog/pengertian-http/. [Accessed 22 JUNI 2019].
  13. W. Joni, “Sistem E- Learning Do ’ a dan Iqro ’ dalam P eningkatan Proses Pembelajaran pada TK Amal Ikhlas,” Jurnal Mahasiswa Aplikasi Teknologi Komputer dan Informasi, p. 154–159, 2019.
  14. Faradilla, “Apa Itu PHP? Pengertian PHP untuk Pemula,” 2022. [Online]. Available: https://www.hostinger.co.id/tutorial/apa-itu-php/. [Accessed 7 November 2022].
  15. I. Mauko and N. Mardanus, “Pengembangan Website Unit Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat dan Penerapan Jurnal Elektronik Berbasis Opern Source di Politeknik Negeri Kupang,” Politeknik Negeri Kupang, 2017.
  16. C. Shah, “‘MySQL’, A Hands-On Introduction to Data Science,” p. 187–206., 2020.