Main Article Content

Abstract

Energi fosil merupakan energi yang sangat banyak digunakan nelayan untuk mencari ikan tetapi ketersediaan untuk bahan bakar fosil terus semakin menipis. Energi terbarukan metode sel volta yang memanfaatkan air laut dapat digunakan sebagai salah satu pemenuhan energi alternatif. Sel volta merupakan sel yang dapat mengubah energi kimia menjadi energi listrik melalui mekanisme reaksi redoks yang berlangsung secara spontan. Penelitian ini hanya sebatas uji coba. Sehingga, dalam penelitiannya air laut diganti menggunakan air garam. Pemilihan elektrode sangat berpengaruh untuk mendapatkan tegangan sumber yang besar. Sehingga, sel volta akan dirangkai seri untuk mendapatkan tegangan 13-14V mengikuti prinsip kerja battery. Dalam proses battery charging dengan sumber listrik yang berasal dari sel volta tentunya diperlukan sebuah alat kontrol yang berfungsi mengatur sistem pengisian energi listrik yang biasa disebut charge controller. Sistem pengendalian yang digunakan pada battery charging sel volta ini yaitu konverter DC-DC jenis buck dengan metode kontrol PID menggunakan Arduino Uno. Konverter Buck bekerja sebagai penurun dan penstabil tegangan keluaran dari sel volta sesuai dengan standart pengisian akumulator. Pada skripsi ini akan mendesain dan membuat sebuah alat penelitian konversi energi sel volta ke listrik, harapannya dengan metode yang digunakan, sel volta pada parameter tertentu dapat menambah energi listrik pada perahu nelayan.

Keywords

sel volta

Article Details

References

  1. Nofetra, Rizki. 2019. Studi Performa Baterai Air Laut Dengan Membandingkan Elektrolit Larutan Garam Dan Air Laut Untuk Menghasilkan Energi Listrik. Skripsi. Teknik Elektro, universitas Tanjungpura. Pontianak.
  2. Berita tv one (2022)
  3. Sihombing, M. Julkifri. 2018. Pengendali PWM pada Buck Converter dengan PID Control. Skripsi. Teknik Elektro, Universitas Sumatra Utara. Medan.
  4. Setiawan, I. N. W., Supriono, & Citarsa, I. B. F. 2018. Desain Buck Converter Untuk Charging Batere Pada Beban Bervariasi. Dielektrika Vol. 5, No. 1 30-35, Pebruari 2018.
  5. Cahyono, Satrio. 2017. Perancangan Sistem Solar Charger Menggunakan Buck Converter Dengan Metode Pid. Skripsi. Teknik Elektro, Universitas Jember. Jember.
  6. Hauke, B. 2015. Basic Calculation of a Buck Converter’s Power Stage. Texas Instrument Inc.
  7. Usman, Ali. 2017. Studi Eksperimen Penggunaan Air Garam Sebagai Sumber Energi Alternatif. Jurnal Mahasiswa Teknik Mesin Vol. 2 No. 2. Juni, 2017.
  8. Prakoso, W. J. 2020. Pengaruh Variasi Luas Penampang Elektroda Dan Konsentrasi Larutan Elektrolit Terhadap Potensial Sel Volta Dengan Metode Sel Elektrokimia. e-Proceeding of Engineering Vol.7, No.2 Agustus 2020.
  9. Putri, Okky. 2017. Pengaruh Komposisi Air Laut dan Pasir Laut Sebagai Sumber Energi Listrik. J. Tek. Kim. Ling. I (1). 35-41
  10. Arizal, Fachrul. 2017. Pengaruh Kadar Garam Terhadap Daya Yang Dihasilkan Pembangkit Listrik Tenaga Air Garam Sebagai Energi Alternatif Terbarukan. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Teknik Mesin Vol. 2 No. 1 juni 2017.