Main Article Content

Abstract

Bawang merah merupakan salah satu komoditas tanaman holtikultura yang banyak ditanam dan dijual di Indonesia. Bawang merah dapat digunakan sebagai bahan masakan maupun bahan obat herbal tradisional, sehingga permintaan akan bawang merah cukup tinggi. Di Kota Malang terdapat beberapa pekerja pengupas bawang merah yang masih menggunakan metode pisau konvensional. Hal ini sangat berisiko dan hasil pengupasan bawang yang dihasilkan pun tidak banyak. Upah yang dihasilkan para pekerja juga tidak sepadan dengan risiko dan hasilnya. Seiring perkembangan zaman dan majunya teknologi diperlukan mesin yang dapat membantu pengupasan bawang merah agar dapat meningkatkan kuantitas dan mencegah kecelakaan kerja para pengupas bawang merah. Perancangan mesin ini berupa pengupas kulit bawang merah dengan menggunakan metode PID. Mesin ini bekerja menggunakan motor DC sebagai penggerak utama yang akan memutar poros, poros tersebut terhubung dengan karet (flucker) yang berada pada dinding tabung. Dengan menggunakan arduino dan sensor rotary encoder akan memproses kecepatan motor DC agar stabil serta kontrol PID Zieger Nichols sebagai metodenya. Set point yang digunakan adalah Kp=0.378, Ki=3.78, dan Kd=0.009 dengan kecepatan 500 dan 700 rpm. Dari hasil pengujian menunjukan bahwa mesin ini dirancang terhadap 500 gram bawang merah utuh dan 500 rpm mampu menghasilkan rata-rata 259 gram bawang terkelupas. Sedangkan dengan kecepatan 700 rpm terhadap 500 gram bawang merah utuh mampu menghasilkan rata-rata 391 gram bawang terkelupas. Hasil pengujian kedua percobaan diatas menunjukan semakin tinggi kecepatan putar poros pada tabung maka akan semakin besar juga kuantitas terkelupasnya kulit bawang merah.

Keywords

Bawang Merah Kecepatan Motor DC Kontrol PID

Article Details

References

  1. Goulart, F. S. 1995. Super Healing Foods. Reward Books a member of Penguin Putnam Inc., New York.
  2. Waluyo, Fitriansyah, Syahrial .2013. Analisis Penalaan Kontrol PID pada Simulasi Kendali Kecepatan Putaran Motor DC Berbeban menggunakan Metode Heuristik. Elkomika Jurnal Teknik Elektro Itenas. Vol (1) No (2) : (78-92).
  3. Susanto, Hadi. 2018. Kontrol Kecepatan Putar Motor DC pada Proses Pengaduk Peragian Kedelai dalam Proses Pembuatan Tempe Menggunakan Metode PID. Jurnal Elkolind, Vol.6, No.3, Sep 2019.
  4. Azlina, Maya. 2013. Pembuatan Alat Ukur Kecepatan Angin Dan Penunjuk Arah Angin Berbasis Mikrokontroller AT-MEGA 8535. Jurnal Saintia Fisika. Vol (6) No (1).
  5. Susanto, Heri. 2015. Perancangan Sistem Telemetri Wireles untuk Mengukur Suhu dan Kelembaban Berbasis Arduino Uno R3 ATmega328p dan XBEE PROO. Tanjung Pinang: Skripsi Universitas Maritim Raja Ali Haji.
  6. “BTS7960 High Current 43A H-Bridge Motor Driver” Handson Technology.
  7. Pitowarno, Endra. 2016. Robotika : “Desain, Kontrol, dan Kecerdasan Buatan”. Yogyakarta : Andi Publisher.
  8. Gottlieb, Irving. 2007. Practical Electric Motor Handbook Great Britain: Biddles Ltd.
  9. Pothorajoo, Satishrao, and Hamdan Daniyal. "PID bidirectional speed controller for BLDC with seamless speed reversal using Direct Commutation Switching Scheme." Control and System Graduate Research Colloquium (ICSGRC), 2017 IEEE 8th. IEEE, 2017.
  10. Ogata, K. 2010. Modern Control Engineering, 5th Edition. Prentice Hall: New Jersey.
  11. Ali, Muhammad, " Pembelajara Perancangan Sistem Kontrol PID dengan Software MATLAB.," Jurnal Teknik Elektro Universitas Yogyakarta, 2014