Main Article Content

Abstract

Minat masyarakat Indonesia tehadap produk olahan kopi semakin tinggi, oleh karena itu permintaan kopi bagi para petani semakin meningkat, sehingga dibutuhkan alat penunjang yang dapat mempermudah petani guna peningkatan kualitas produk petani yang diharapkan dapat meningkatkan financial bagi para petani sendiri. Roasting kopi pada dasarnya merupakan proses mengeluarkan air dalam kopi, mengeringkan dan mengembangkan bijinya. Alat ini membutuhkan pemanasan api yang suhunya bisa diatur untuk tetap stabil dikarenakan suhu sangat berpengaruh pada tingkat kematangan biji kopi. Untuk mengatur servo agar suhu tetap stabil diperlukannya sebuah kontrol. Metode PID dipilih sebagai metode kontrol agar sistem memiliki respon yang optimal berdasarkan karakteristik pada setpoint yang sudah ditentukan. Untuk menentukan hasil parameter kontroler PID ini menggunakan metode osilasi Ziegler-Nichols. Metode ini dipilih karena dapat mempermudah dan mempersingkat waktu pencarian parameter, metode ziegler Nichols dapat memiliki rumus-rumus sederhana. Hasil parameter kontrol PID diperoleh nilai Kp sebesar 8.89, Ki sebesar 0.74, dan Kd sebesar 2.98 dari nilai tersebut didapat hasil respon sistem alat dengan nilai delay time sebesar 12,4 detik, rise time sebesar 1025 detik, peak time sebesar 1457,12 detik, dan nilai settling time 1667 detik. dari nilai tersebut sistem alat dikatakan dapat bekerja dengan baik dan menjaga kestabilan suhu sesuai set point.

Keywords

Metode osilasi Ziegler-Nichols Petani Kopi PID Roasting kopi

Article Details

References

  1. Martauli, Elvin Desi. 2018. Analisis Produksi Kopi Di Indonesia. Sumatera Utara: Jurusan Agribisnis, Universitas Quality Berastagi.
  2. Zainra, Ulya. 2016. Perilaku Kewirausahaan petani Kopi Arabika Gayo di Kabupaten Bener Meriah Provinsi Aceh. Bogor: Institut Pertanian Bogor
  3. Bahroin, Anaitul dan Agung Prijo Budijono. 2013. Sistem Kontrol Suhu dan Putaran pada Mesin Penyangrai Kopi Semi Otomatis. Surabaya: Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Surabaya
  4. Fauziyah, Mila. 2018. Kontrol Suhu logika Fuzzy Berbasis untuk Mesin Roaster Kopi. Malang : Politeknik Negeri Malang.
  5. Rahayoe, S., J. Lumbanbatu, dan W. K. J. Nugroho. 2009. Pengaruh Suhu dan Lama Penyangraian terhadap Sifat Fisik-Mekanis Biji Kopi Robusta. Jurnal Penelitian. Yogyakarta: UGM.
  6. Andrianto, Heri dan Aan Darmawan. 2016. Arduino Belajar Cepat Pemograman. Bandung: Penerbit Informatika.
  7. Krisdayanes, Gita. 2019. Penggunaan Thermocouple Type K Pada Oven Pemanggang Kue Sebagai Sensor Temperatur Berbasis Mikrokontroler ATMEGA328. Medan : Universitas Sumatera Utara
  8. Dewi, Kartika. 2016. Desain Dan Implementasi Tanggapan Sistem Kontrol Proportional, Integral, Diferensial (PID) Pada Pembebanan Kompleks Menggunakan Metode Ziegler-Nichols. Medan : Politeknik Negeri Ujung Pandang.
  9. Hilal, Ahmad. Manan, Saiful. 2012. Pemanfaatan Motor Servo Sebagai Penggerak CCTV Untuk Memilih Alat-Alat Monitor dan Kondisi Pasien di Ruang ICU.
  10. Agung Prijo Budijono. 2015. Sistem Sistem Kontrol Suhu Dan Putaran Pada Mesin Penyangrai Kopi Semi Otomatis.