Main Article Content

Abstract

Seiring dengan berkembangnya serta kemajuan teknologi memudahkan kita untuk dapat memenuhi berbagai kebutuhan hidup tanpa harus keluar rumah, yaitu dengan berbelanja secara online. Penggunaan jasa pengiriman juga meningkat drastis, namun tidak terlepas dari berbagai masalah yang terjadi dalam proses pengiriman barang. Salah satu masalah yang sering terjadi adalah penerima paket tidak berada di tempat. Pada kasus ini biasanya alternatif yang dilakukan oleh kurir seperti barang atau paket di lempar kedalam pagar atau di letakan di depan pintu rumah bahkan paket dititipkan ke tetangga. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka dibuatlah alat untuk menerima paket yaitu membuat sebuah kotak (box) paket yang didalamnya dapat menampung paket-paket yang datang dengan menggunakan teknologi internet of things (IoT). Pemilik paket menginputkan nomor resi yang tertera pada paket menggunakan aplikasi telegram, setelah itu data tersebut akan disimpan pada mikrokontroler ESP32. Pada pintu paket dilengkapi dengan Doorlock agar pintu terkunci dan tidak dapat dibuka. Kemudian terdapat Motor Dc power window yang berfungsi untuk mengangkat pintu secara otomatis. Doorlock akan terbuka, ketika barcode pada paket discankan melalui barcode scanner GM65 yang ditandai dengan menyalanya pilot lamp berwarna hijau dan berbunyinya buzzer. Setelah itu, ketika paket telah masuk kedalam box maka pada aplikasi telegram akan mendapatkan sebuah pesan yang berisi tentang keterangan paket dengan nomor resi tersebut telah masuk.

Article Details

References

  1. Fadhlan, Muhammad Yusuf. dkk. 2021. Prototype Smart Mailbox Untuk Penerima Paket.
  2. Ramadhan, Moch. Iqbal. 2018. Rancangan Bangun Barcode Scanner Berbasis Arduino Uno.
  3. Widodo, Aristawati Dhiyan. 2020. Monitoring Perhitungan Dan Pengelompokan Barang Di Konvenyor Berdasarkan Kode Batang (Scanner Barcode) Melalui Lcd.
  4. Arifin, Jaenal. dkk. 2022. Sistem Keamanan Pintu Rumah Berbasis Internet of Things via Pesan Telegram.
  5. Hazarah, Atikah. 2017. Rancang Bangun Smart Door Lock Menggunakan QR Code dan Solenoid
  6. Widiantoro, Rizki Surya. 2022. Rancang Bangun Alat Penyortir Paket Otomatis Berdasarkan Tujuan dalam Kota dan Luar Kota Menggunakan Sensor Barcode dan Node-Mcu Esp 8266 Berbasis Komunikasi Wifi.
  7. Patty, Wilhelmina. dkk. 2021. Rancang Bangun Alat Pemikat Ikan Menggunakan LED RGB Berbasis IoT.
  8. Mulyanto, Angga Dwi. 2020. Pemanfaatan Bot Telegram untuk Media
  9. Aryanto, Aditya Dwi. dkk. 2016. Otomatisasi Power Window dengan Remote Control Menggunakan Arduino.
  10. Wahyutama, Febrian. dkk. 2013. Penggunaan Teknologi Augmented Reality Berbasis Barcode sebagai Sarana Penyampaian Informasi Spesifikasi dan Harga Barang yang Interaktif Berbasis Android, Studi Kasus pada Toko Elektronik ABC Surabaya.