Main Article Content

Abstract





Salah satu jenis unggas yang banyak dipilih oleh para peternak di Indonesia adalah ayam broiler. Umumnya, peternak ayam masih menggunakan sistem konvensional dalam memelihara ayam dengan pemakaian bohlam sebagai penghangat didalam kandang. Sedangkan suhu kandang juga perlu diperhatikan, dikarenakan hal tersebut mudah mengalami perubahan dan akan berdampak pada pertumbuhan ayam, khususnya ayam yang masih dalam masa brooding dengan kondisi fisik ayam yang masih lemah dan organ tubuh masih belum berfungsi secara semestinya, sehingga masih membutuhkan penghangat yang dapat menjaga kestabilan pada kandang di perubahan cuaca yang tiba-tiba. Sehingga alat ini dirancang menggunakan heatersebagai pengganti bohlam dengan menerapkan sistem kendali PI yang mana heater akan menyala dan menstabilkan suhu didalam kandang pada setpoint 33 derajat celcius berdasarkan pembacaan sensor DHT22 sebagai feedback dan heater akan mati ketika suhu melebihi setpoint. Pada penelitian ini didapatkan nilai parameter Kp = 20 dan Ki = 2 dengan rata-rata error stady state sebesar 0,6%. Nilai parameter yang didapatkan digunakan untuk mengendalikan keluaran pada heater. Dan suhu dapat dimonitoring melalui aplikasi blynk pada smartphone.





Keywords

Ayam Broiler PI Control Heater DHT22

Article Details

References

  1. A. Ridhamuttaqin, A. Trisanto, and E. Nasrullah, “Rancang Bangun Model Sistem Pemberi Pakan Ayam Otomatis Berbasis Fuzzy Logic Control,” Electr. Rekayasa dan Teknol. Elektro, vol. 7, no. 3, pp. 125–137, 2013.
  2. J. D. Susatyono and Y. Fitrianto, “Sistem Monitoring Kualitas Udara dan Otomatisasi Pemberian Pakan Ayam Berbasis IoT,” Krea-TIF, vol. 9, no. 2, p. 1, 2021, doi: 10.32832/kreatif.v9i2.5650.
  3. A. N. Kholidi, A. Trisanto, and E. Nasrullah, “Rancang Bangun Alat Pemberi Pakan dan Pengatur Suhu Otomatis untuk Ayam Pedaging Berbasis Programmable Logic Controller pada Kandang Tertutup,” J. Rekayasa dan Teknol. Elektro, vol. 9, no. 2, pp. 87–95, 2015.
  4. D. I. Saputra and R. A. Permana, “Perancangan dan Implementasi Real Time Operating System Pada Sistem Kendali Suhu Kandang Ayam Secara Closed Loop,” J. Energy Electr. Eng., vol. 94, no. 02, pp. 94–100, 2022.
  5. “DOC View of Rancang Bangun Inkubator Anak A...hick) Otomatis Berbasis Mikrokontroler.pdf.”