Main Article Content

Abstract





Salah satu program ketahanan pangan dan pemberdayaan masyarakat yang berada di desa Oro-Oro Ombo Kota Batu merupakan budidaya ikan nila bioflok. Ikan nila merupakan komoditas ikan bernilai ekonomi tinggi hal tersebut berdampak pada harga pakan ikan yang cukup tinggi. Efisiensi pakan merupakan strategi untuk mengatasi masalah kelebihan pakan dan jumlah flok yang terlalu banyak karena pakan yang berlebih tersebut akan diurai oleh mikroorganisme yang mengakibatkan pertumbuhan bakteri sangat cepat dan menyebabkan adanya persaingan oksigen antara ikan dan bakteri, dengan cara pemberian pakan seminimal mungkin akan tetapi pertumbuhan ikan tidak terhambat. Sistem ini bekerja dengan cara membaca jumlah flok menggunakan tabung lmhof dan membaca kadar ph air kemudian data akan diproses oleh arduino untuk mengatur jumlah pakan yang akan di berikan. Proses klasifikasi dilakukan dengan menggunakan metode k-nearest neighbor dengan training data. Implementasi metode K-Nearest Neighbor pada penelitian sistem otomasi pemberian pakan ikan nila bioflok sudah berhasil diterapkan dengan pemberian pakan secara terukur supaya mendapatkan efisiensi yang baik dengan persentase 28% dan penghematan biaya pakan sebesar Rp.63.000,00.





Keywords

Efisiensi pakan Kadar bioflok K-nearest neighbor

Article Details

References

  1. E. ARIANTO, “PENGARUH KEPADATAN YANG BERBEDA TERHADAP KELULUSHIDUPAN DAN PERTUMBUHAN IKAN NILA (Oreochromis niloticus),” PhD Thesis, UNIVERSITAS BOSOWA, 2021.
  2. A. Puspitasari, A. Y. Isyanto, dan S. Aziz, “Penerapan Teknologi Bioflok Pada Budidaya Ikan Nila Di Desa Cibuniasih Kabupaten Tasikmalaya,” Abdimas Galuh, vol. 2, no. 2, hlm. 175–180, 2020.
  3. B. Putri, Wardiyanto, dan Supono, “EFEKTIVITAS PENGGUNAAN BEBERAPA SUMBER BAKTERI DALAM SISTEM BIOFLOK TERHADAP KERAGAAN IKAN NILA (Oreochromis niloticus),” e-Jurnal Rekayasa dan Teknologi Budidaya Perairan, vol. 4, no. 1, Art. no. 1, Okt 2015.
  4. P. De Schryver, R. Crab, T. Defoirdt, N. Boon, dan W. Verstraete, “The basics of bio-flocs technology: The added value for aquaculture,” Aquaculture, vol. 277, no. 3, hlm. 125–137, Jun 2008, doi: 10.1016/j.aquaculture.2008.02.019.
  5. C. Fitriah, D. Triyanto, dan I. Nirmala, “Sistem Pemberian Pakan Kucing Otomatis Berbasis Arduino Dengan Metode K-Nearest Neighbor (Knn) Dan Antar Muka Berbasis Web,” Coding Jurnal Komputer dan Aplikasi, vol. 5, no. 2, 2017.
  6. M. N. Afandie dkk., “IMPLEMENTASI METODE K-NEAREST NEIGHBOR UNTUK PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN MENU MAKANAN SEHAT DAN BERGIZI”.