Main Article Content

Abstract

Budidaya ikan bandeng merupakan suatu usaha yang menjanjikan saat ini, kebutuhan ikan yang tinggi di pasaran, membuat terbuka kesempatan untuk berwirausaha di sektor budidaya ikan, ikan bandeng di pasar sangat di minati selain untuk konsumsi ikan bandeng juga mudah untuk di budidaya, ini merupakan salah satu factor pendukung untuk kemajuan budidaya ikan bandeng. Namun pemberian pupuk pada tambak bandeng yang tidak tepat waktu bisa menjadi penghambat untuk pertumbuhan ikan bandeng. Tujuan dalam penelitian kali ini yaitu membuat sebuah alat untuk memonitoring air dan memberikan pupuk secara otomatis dari mana saja menggunakan smartphone. Alat yang di gunakan pada penelitian ini yaitu dengan menggunakan mikrokontroler ESP32 sebagai pengendali dari sistem ini, dan ESP32 ini juga sebagai pembaca sensor PH dan sensor SALINITAS untuk mendeteksi kadar asam dan kadar garam pada air di tambak bandeng, sensor ultrasonik HC-SR04 yang dapat mendeteksi jarak untuk memonitoring ketersediaan pupuk, motor servo yang dapat bergerak untuk membuka dan menutup tempat pupuk,  dan juga apliaksi BLYNK sebagai platform yang mendukung IoT pada ESP32. Hasil penelitian ini yaitu berupa alat monitoring air dan pemberi pupuk otomatis, ESP32 akan memberikan notifikasi ke aplikasi jika tambak telah di beri pupuk.


Kata kunci: Monitoring, ESP32, Aplikasi Blynk.

Article Details

Author Biographies

muhammad zurdi hilal firmansyah, universitas muhammadiyah gresik

program studi s1 teknik elektro universitas muhammadiyah gresik

Rini Puji Astutik, universitas muhammadiyah gresik

dosen program studi s1 teknik elektro universitas muhammadiyah gresik

References

  1. S. Aldise Kresna Dewi T., "Penyuluh Perikanan Ahli Pertama," TEKNOLOGI BUDIDAYA BANDENG, 2017.
  2. K. I. B. L. W. M. K. W. S. Q. F. N. and Gregorius kevin, "Alat Monitoring Temperatur, Salinitas, dan Oksigen Terlarut Berbasis IoT pada Budi Daya Tambak Bandeng di Desa Kemangi Kabupaten Gresik," Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2022.
  3. A. D. Ramadhan, R. P. Astutik,S.T.,M.T and Y. A. Surya,S.ST.,M.T, "Sistem kontrol dan monitoring greenhouse hidroponik pada tanaman sawi berbasisi aplikasi app invertor," Seminar Nasional Fortei Regional 7.
  4. E. "Budidaya Perikanan," Penebar Swadaya, p. 188, 2004.
  5. A. Romadon and E. Subekti, "TEKNIK BUDIDAYA IKAN BANDENG DI KABUPATEN DEMAK," Jurnal Ilmu - ilmu Pertanian, pp. 19-24, 2011.
  6. R. R. Prabowo, K. and R. T. Subagio, "SISTEM MONITORING DAN PEMBERIAN PAKAN OTOMATIS PADA BUDIDAYA IKAN MENGGUNAKAN WEMOS DENGAN KONSEP INTERNET OF THINGS (IoT)," JURNAL DIGIT, pp. 185-195, 2020.
  7. Wahyu, "SENSORINDO," 4 January 2023. [Online]. Available: https://sensorindo.com/yuk-pelajari-apa-itu-monitoring-air-beserta-cara-kerja-fungsi-dan-manfaatnya/. [Accessed 5 Desember 2023].
  8. A. N. N. C. "PENGGUNAAN MICROCONTROLLER SEBAGAI PENDETEKSI POSISI DENGAN MENGGUNAKAN SINYAL GSM," JURNAL INFORMATIKA, vol. 4, 2010.
  9. A. H. and Saiful Manan, "PEMANFAATAN MOTOR SERVO SEBAGAI PENGGERAK CCTV UNTUK MELIHAT ALAT-ALAT MONITOR DAN KONDISI PASIEN DI RUANG ICU," GEMA TEKNOLOGI, vol. 17, 2012-2013.
  10. I. Rifky, MIKROKONTROLER ESP32, 2021.
  11. A. S. Wicaksana and B. Suprianto, "RANCANG BANGUN SISTEM PENGENDALIAN pH AIR PADA TAMBAK IKAN BANDENG MENGGUNAKAN KONTROLLER PID BERBASIS LABVIEW," Jurnal Teknik Elektro, pp. 303-310, 2020.
  12. A. R. Hakimi, M. Rivai and H. pirngadi, "Sistem Kontrol dan Monitor Kadar Salinitas Air Tambak Berbasis IoT LoRa," TEKNIK ITS, pp. 2337-3539, 2021.
  13. E. A. Prastyo, "arduino indonesia," 31 10 2022. [Online]. Available: https://www.arduinoindonesia.id/2022/10/pengertian-dan-cara-kerja-sensor-ultrasonik-HC-SR04.html.
  14. M. Artiyasa, N. A. Rostini, E. and P. A. Junfithrana, "APLIKASI SMART HOMENODE MCU IOT UNTUK BLYNK," Rekayasa Teknologi Nusa Putra, pp. 1-7, 2020.