Main Article Content

Abstract





Dalam kontes robot sepak bola beroda, kedua tim saling berhadapan untuk mencetak gol sebanyak mungkin ke gawang lawan dalam waktu yang telah ditetapkan. Upaya pengendalian bola menjadi fokus utama, di mana robot berusaha mengejar dan menghadang lawan untuk menguasai bola. Robot berusaha menendang bola ke gawang lawan, namun keberhasilan tendangan dipengaruhi oleh faktor seperti kecepatan tendangan, sudut tendangan, dan upaya penghadangan oleh robot lawan. Penelitian akan membandingkan kecepatan antara mekanisme sistem penendang menggunakan motor PG45 dan mekanisme menggunakan solenoid. Motor PG45 menghasilkan tendangan melalui gerakan putar, sedangkan solenoid menggunakan gaya elektromagnetik untuk melepaskan tendangan. Penelitian ini bertujuan untuk memahami efisiensi dan keunggulan masing-masing mekanisme dalam konteks kecepatan tendangan. Dari Penelitian ini kecepatan tendangan menggunakan motor PG-45 memiliki kecepatan maksimal 3,21 m/s sedangkan selenoid bisa menghasilkan kecepatan hingga 11,69 m/s.


Kata kunci: Kecepatan, Motor PG-45, Selenoid


 





Keywords

Decision Tree selenoid tendangan YOLOv5

Article Details

References

  1. D. Suryawan, “Rancang Bangun Robot Sepak Bola Berbasis Android,” J. Tek. Mesin, vol. 9, no. 1, p. 57, 2020, doi: 10.22441/jtm.v9i1.7992.
  2. S. Pegas, S. Pneumatik, S. Solenoid, and S. Pneumatik, “Mekanisme penendang pada robot sepakbola beroda”.
  3. B. Kusumoputro et al., “Buku Pedoman Kontes Robot Indonesia (Kri) Tahun 2023,” pp. 1–150, 2023.
  4. Z. Abidin, “Perancangan Kicker Berbasis Solenoid dengan ZVS Boost Konverter untuk Robot Sepak Bola Beroda,” pp. 150–154, 2023.
  5. K. Cahyono, I. K. Wibowo, and M. M. Bachtiar, “A New kicker system of wheeled soccer robot ersow using fuzzy logic method,” IES 2020 - Int. Electron. Symp. Role Auton. Intell. Syst. Hum. Life Comf., pp. 219–225, 2020, doi: 10.1109/IES50839.2020.9231882.
  6. W. Darmawan, M. Basuki Rahmat, A. Khumaidi, R. Yudha Adhitya, and D. Pristovani Riananda, “Perancangan Strategi Keputusan Robot Sepak Bola Beroda menggunakan Metode Decision Tree,” J. Elektron. dan Otomasi Ind., vol. 10, no. 2, pp. 175–182, 2023, doi: 10.33795/elkolind.v10i2.3020.
  7. F. Dwi Meliani Achmad, Budanis, Slamat, “Klasifikasi Data Karyawan Untuk Menentukan Jadwal Kerja Menggunakan Metode Decision Tree,” J. IPTEK, vol. 16, no. 1, pp. 18–23, 2012, [Online]. Available: http://jurnal.itats.ac.id/wp-content/uploads/2013/06/3.-BUDANIS-FINAL-hal-17-23.pdf
  8. M. I. Moha et al., “Implementasi Kamera 360 Derajat Untuk Mendeteksi Objek Pada Robot Sepak Bola Beroda,” J. Tek. Inform., vol. 14, no. 3, pp. 321–328, 2019.
  9. K. Khairunnas, E. M. Yuniarno, and A. Zaini, “Pembuatan Modul Deteksi Objek Manusia Menggunakan Metode YOLO untuk Mobile Robot,” J. Tek. ITS, vol. 10, no. 1, 2021, doi: 10.12962/j23373539.v10i1.61622.
  10. T. P. Vogels, K. Rajan, and L. F. Abbott, “Neural network dynamics,” Annu. Rev. Neurosci., vol. 28, pp. 357–376, 2005, doi: 10.1146/annurev.neuro.28.061604.135637.