Main Article Content

Abstract

Rekonstruksi 3D adalah teknik membentuk objek tiga dimensi dari bentuk aslinya di dunia nyata untuk divisualisasikan di komputer. Awalnya, proses ini dilakukan secara manual dengan pengukuran langsung, namun rentan terhadap kesalahan karena ketidakakuratan pengukuran. Dalam penelitian ini, sistem rekonstruksi 3D menggunakan teknologi digital dengan sensor LiDAR TF-Mini Plus. Sensor LiDAR menggunakan pulsa laser untuk mengukur jarak ke objek dan menghasilkan data point-clouds yang merepresentasikan permukaan objek. Sensor ini digerakkan oleh dua motor, yaitu motor servo untuk rotasi pitch dan motor stepper untuk rotasi yaw, memungkinkan cakupan penuh objek dan rekonstruksi yang lebih rinci. Pengujian menunjukkan bahwa sistem ini mampu menghasilkan rekonstruksi 3D yang sangat akurat dengan detail tinggi. Data point-clouds yang dikumpulkan oleh sensor LiDAR merepresentasikan bentuk asli tangki dengan presisi, termasuk lekukan dan kontur secara jelas. Hal ini membuktikan efektivitas sistem dalam menciptakan model 3D yang berguna untuk berbagai analisis dan visualisasi.

Keywords

Sensor LiDAR TF Mini Plus Koordinat Kartesian Point Clouds Rekonstruksi 3D

Article Details

References

  1. F. Oktariko and Lina, “KAJIAN TENTANG REKONSTRUKSI OBJEK 3D MENGGUNAKAN STEREO VISION DENGAN METODE HARRIS INTEREST POINT DAN RANSAC,” 2018.
  2. R. A. Putra, “PERAN TEKNOLOGI DIGITAL DALAM PERKEMBANGAN DUNIA PERANCANGAN ARSITEKTUR,” 2018. [Online]. Available: www.jurnal.ar-raniry.com/index.php/elkawnie
  3. C. C. Corputty and A. Suhendra, “APLIKASI REKONSTRUKSI OBJEK 3D DARI KUMPULAN GAMBAR 2D DENGAN ALGORITMA GENERALIZED VOXEL COLORING,” 2015.
  4. F. N. Nugrohoadi, F. Samopa, and N. A. Sani, “Pengembangan Peta Tiga Dimensi Interaktif untuk Graha ITS dan UPT Bahasa Institut Teknologi Sepuluh Nopember Menggunakan Unity 3D Engine,” JURNAL TEKNIK POMITS, vol. 3, no. 2, pp. 204–209, 2014.
  5. W. Kurniawan and G. E. Setyawan, “Perancangan Sistem Pemetaan Ruangan Secara Dua Dimensi Menggunakan Sensor Ultrasonik,” 2017. [Online]. Available: https://www.researchgate.net/publication/324536855
  6. G. Andara, D. Arseno, and N. Armi, “ANALISIS KINERJA LIGHT DETECTING AND RANGING (LIDAR) UNTUK DETEKSI OBJEK MENGGUNAKAN METODE JARAK EUCLIDEAN,” 2020.
  7. G. S. Wibowo, “Sistem Rekonstruksi Objek 3D dengan Metode LiDAR Menggunakan Mikrokontroller Arduino Mega,” 2019.
  8. S. Prayoga, A. Budianto, and A. B. K. Atmaja, “Sistem Pemetaan Ruangan 2D Menggunakan Lidar,” Jurnal Integrasi, vol. 9, no. 1, pp. 73–79, 2017.
  9. F. Nur Aziz and M. Zakarijah, “TF-Mini LiDAR Sensor Performance Analysis for Distance Measurement,” 2022.
  10. W. M. Mutiarasari et al., “Model 3D Multi-Objek Hasil Ekstraksi Data Lidar Multi-Object 3D Model from Lidar Data,” Jurnal Geodesy and Geomatics, vol. 19, no. 1, pp. 41–48, 2023.