PENGARUH KEPERCAYAAN DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN GLOBAL COLLECTION

Main Article Content

Oktadiana Siska Maharani
Rena Feri wijayanti

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepercayaan dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan Global Collection. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan penelitian dua arah. Variabel yang digunakan ada variabel independen yaitu Kepercayaan (X1) dan Kualitas Pelayanan (X2), serta variabel dependen yaitu Loyalitas Pelanggan (Y). Populasi yang diambil yaitu pelanggan Global Collection dengan sampel sebanyak 75 orang. Pertanyaan-pertanyaan pada item-item variabel dituangkan dalam kuisioner berbentuk digital yaitu google form dikirim melalui media berupa Whatsapp. Metode yang digunakan yaitu dengan analisis regresi berganda dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan analisis regresi berganda dengan Adjusted R2 sebesar 0,288, yang dapat diartikan bahwa besarnya kontribusi pengaruh variabel yang diteliti sebesar 28,8 persen sedangkan sisanya sebesar 71,2 persen dipengaruhi variabel lain yang tidak diteliti. Hipotesis diterima dengan melakukan pengujian pada uji t variabel kepercayaan dengan angka 3,069 lebih dari 1,993 dengan signifikan 0,003 kurang dari 0,05 dan variabel kualitas pelayanan dengan angka 2,043 lebih dari 1,993 dengan signifikan 0,045 kurang dari 0,05. Pada uji f diketahui nilai fhitung 15,980 lebih dari 3,12 dengan signifikan 0,000 kurang dari 0,05. Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa pengaruh kepercayaan dan kualitas pelayanan secara parsial maupun simultan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan.

Article Details

How to Cite
Maharani, O. S., & wijayanti, R. F. (2021). PENGARUH KEPERCAYAAN DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN GLOBAL COLLECTION. Jurnal Aplikasi Bisnis, 7(1), 189–192. Retrieved from http://jurnal.polinema.ac.id/index.php/jab/article/view/1294
Section
Articles