PENGEMBANGAN PROMOSI DENGAN DESAIN WEBSITE COMPANY PROFILE MENGGUNAKAN APLIKASI CMS WORDPRESS UNTUK MENINGKATKAN BRAND AWARENESS PADA UMKM PAWON BROMO CAFE AND RESTO MALANG
Main Article Content
Abstract
UKM Pawon Bromo Cafe and Resto merupakan usaha yang terletak di Kabupaten Malang dan bergerak dibidang wisata dan kuliner. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media promosi dengan mendesain Website Company Profile media promosi pada UKM Pawon Bromo Cafe and Resto untuk meningkatkan Brand Awareness dengan menggunakaan aplikasi CMS WordPress. Adapun metode yang digunakan yaitu action research dengan tahap penelitian yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan penyebaran kuesioner. Pengukuran efektifitas desain diukur dengan menggunakan metode EPIC (Empathy, Persuasion, Impact, Communication) dan tingkatan Brand Awareness. Dari hasil penyebaran kuesioner kepada responden menyatakan bahwa skor dari dimensi Empathy sebesar 4,16, dimensi Persuasion sebesar 4,16, dimensi Impact sebesar 4,16, dan dimensi Communication sebesar 4.13. Dengan keselurhan dari EPIC Rate adalah 4,15. Pada tingkatan Brand Awareness menyatakan Unware of Brands sebesar 4,4, Brand Recognition sebesar 4,15, Brand Recall sebesar 4,15, dan Top of Mind sebesar 4,1. Dengan keselurhan dari tingkatan Brand Awareness adalah 4,2. Hasil penelitian menunjukan bahwa Website Company Profile ini efektif sebagai media promosi untuk meningkatkan Brand Awareness pada Pawon Bromo Cafe and Resto.