PENGEMBANGAN PROMOSI DESAIN KEMASAN MENGGUNAKAN APLIKASI COREL DRAW X7 UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELI KONSUMEN DI QUE-QU MALANG

Main Article Content

Lutfi Wuri Wulandari
Fatkhur Rochman

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan desain kemasan produk menggunakan aplikasi CorelDRAW X7 untuk meningkatkan minat beli konsumen UKM Que-qu di Malang. Metode penelitian ini adalah metode penelitian tindakan dengan prosedur penelitian yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Metode pengumpulan data melalui observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Desain kemasan produk jadi kemudian dievaluasi dengan membagikan kuesioner kepada pemasar, ahli komputer, pemilik dan pelanggan potensial. Keefektifan pengembangan desain diukur dengan menggunakan metode AIDA (Attention, Interest, Desire, Action) dan EPIC (Empathy, Persuasion, Impact, Communication). Hasil penyebaran kuesioner menunjukkan bahwa desain kemasan produk yang dibuat masuk dalam kriteria khusus yaitu 95,3 persen pada rentang nilai 81-100 persen. Hal ini menunjukkan bahwa perancangan kemasan produk dengan aplikasi CorelDRAW X7 untuk meningkatkan minat beli konsumen Que-qu di Kota Malang dapat menimbulkan keinginan individu untuk memiliki produk, sehingga minat beli konsumen dapat meningkat. Kesimpulan dari penelitian ini dapat dikatakan bahwa penggunaan aplikasi CorelDRAW X7 efektif dalam meningkatkan minat beli konsumen UMKM Que-qu di Malang.


 


 


 

Article Details

How to Cite
Wulandari , L. W. ., & Rochman , F. . (2023). PENGEMBANGAN PROMOSI DESAIN KEMASAN MENGGUNAKAN APLIKASI COREL DRAW X7 UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELI KONSUMEN DI QUE-QU MALANG. Jurnal Aplikasi Bisnis, 9(1), 50–54. https://doi.org/10.33795/jab.v9i1.1376
Section
Articles