PENGARUH PROMOSI SOCIAL MEDIA INSTAGRAM DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA MIE GACOAN

Authors

  • Masyrifah Amilatuzzakiyah Politeknik Negeri Malang, Indonesia
  • Tri Yulistyawati Evelina Politeknik Negeri Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33795/jab.v9i2.3029

Keywords:

promosi, social media, electronic word of mouth, keputusan pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh variabel promosi social media Instagram dan electronic word of mouth terhadap keputusan pembelian pada Mie Gacoan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan dua variabel bebas yaitu promosi social media Instagram dan electronic word of mouth serta variable terikat yaitu keputusan pembelian. Teknik sampling penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data kuisioner dengan jumlah sampel sebanyak 100 respoden menggunakan teknik purposive sampling. Metode analisis data penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda. Hasil uji parsial menunjukkan bahwa variabel bebas berpengaruh signifikan secara parsial terhadap keputusan pembelian. Hasil uji simultan menunjukkan bahwa variabel bebas juga berpengaruh signifikan secara simultan terhadap keputusan pembelian. Hasil analisis regresi linear beranda menunjukkan bahwa kontribusi variabel bebas terhadap keputusan pembelian sebesar 76,2 persen.

Downloads

Published

2023-12-22

How to Cite

Amilatuzzakiyah, M., & Evelina , T. Y. (2023). PENGARUH PROMOSI SOCIAL MEDIA INSTAGRAM DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA MIE GACOAN. Jurnal Aplikasi Bisnis, 9(2), 153–159. https://doi.org/10.33795/jab.v9i2.3029