PENGARUH RATING PELANGGAN ONLINE DAN GRATIS ONGKOS KIRIM TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI PLATFORM E-COMMERCE SHOPEE

Main Article Content

Anggun Putri Rahayu
Yulis Nurul Aini

Abstract

Perkembangan teknologi informasi yang cepat telah mengubah cara hidup manusia, di mana internet berperan sebagai platform untuk melakukan pembelian dan pemasaran produk secara daring. Oleh karena itu, penelitian ini berfokus pada upaya memprediksi bagaimana perilaku konsumen dalam mengambil keputusan pembelian melalui rating pelanggan online dan gratis ongkos kirim. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengidentifikasi pengaruh rating pelanggan online dan gratis ongkos kirim terhadap keputusan pembelian  di platform e-comerce Shopee. Penelitian ini bersifat kuantitatif. Populasi yang menjadi fokus penelitian ini adalah mahasiswa dari jurusan Administrasi Niaga yang merupakan bagian dari Angkatan 2022 di Politeknik Negeri Malang. Pengumpulan data dilakukan melalui distribusi kuesioner kepada 75 responden dengan menggunakan metode nonprobability sampling, dengan pendekatan purposive sampling. Metode analisis yang digunakan meliputi analisis regresi berganda, uji t, dan uji F. Dari hasil analisis uji t dan uji F, ditemukan bahwa baik variabel rating pelanggan online maupun gratis ongkos kirim memiliki pengaruh positif dan signifikan, baik secara parsial maupun bersama-sama, terhadap variabel keputusan pembelian di platform e-commerce Shopee. Oleh karena itu, diharapkan perusahaan dapat lebih meningkatkan cara mereka menyajikan informasi tentang keunggulan produk serta manfaat gratis ongkos kirim, sehingga konsumen dapat lebih mudah dalam mengambil keputusan pembelian.

Article Details

How to Cite
Rahayu, A. P., & Aini, Y. N. (2023). PENGARUH RATING PELANGGAN ONLINE DAN GRATIS ONGKOS KIRIM TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI PLATFORM E-COMMERCE SHOPEE . Jurnal Aplikasi Bisnis, 9(2), 74–79. https://doi.org/10.33795/jab.v9i2.3992
Section
Articles