PEMBUATAN KONTEN INSTAGRAM STORY MENGGUNAKAN CANVA SEBAGAI MEDIA PROMOSI UNTUK MENARIK MINAT BELI KONSUMEN AMDK MAAQO

Main Article Content

Aida Raihana Fardhiyani
Tri Ramadani Arjo

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah membuat konten Instagram Story menggunakan Canva sebagai media promosi untuk menarik minat beli konsumen AMDK, sekaligus untuk mengetahui efektivitas desain dan konten pada Instagram Story yang dibuat lalu diunggah di Instagram MAAQO. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara, observasi, kuesioner, dan dokumentasi. Kuesioner dibagikan kepada 25 responden yang terdiri dari 1 orang Regional Brand Manager, 1 orang Customer Service, 1 orang Admin Marketing, 1 orang Ahli Desain, 1 orang Ahli Pemasaran, 5 orang Pelanggan, dan 15 orang Calon Konsumen. Terdapat dua kuesioner yang berbeda yaitu kuesioner EPIC dan kuesioner AIDA. Hasil kuesioner akan dianalisis menggunakan metode EPIC dan AIDA. Berdasarkan hasil kuesioner EPIC untuk mengukur efektivitas desain Instagram Story, pada siklus 1 menunjukkan hasil sebesar 4,46 yang berarti sangat efektif dan pada siklus 2 menunjukkan hasil sebesar 4,7 dengan kategori sangat efektif. Sedangkan pada hasil kuesioner AIDA untuk mengukur efektivitas konten Instagram Story yang diolah menggunakan kriteria rata-rata nilai jawaban responden yaitu sebesar 96 persen artinya Istimewa. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa konten Instagram Story yang dibuat sangat efektif untuk digunakan sebagai media promosi yang dapat menarik minat beli konsumen AMDK MAAQO.

Article Details

How to Cite
Fardhiyani, A. R. ., & Arjo, T. R. . (2022). PEMBUATAN KONTEN INSTAGRAM STORY MENGGUNAKAN CANVA SEBAGAI MEDIA PROMOSI UNTUK MENARIK MINAT BELI KONSUMEN AMDK MAAQO. Jurnal Aplikasi Bisnis, 8(1), 109–114. https://doi.org/10.33795/jab.v8i1.431
Section
Articles