PROMOSI MELALUI KATALOG PRODUK MENGGUNAKAN COREL DRAW UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELI DI CIMBUL MALANG

Authors

  • Dony Octavianto Politeknik Negeri Malang, Indonesia
  • Rr. Tri Istining Wardani Politeknik Negeri Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33795/jab.v9i1.479

Keywords:

Katalog Produk, CorelDraw, Promosi, Minat Beli, Cimbul Malang

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah membuat katalog produk sebagai sarana promosi tambahan untuk meningkatkan minat beli konsumen dengan menggunakan aplikasi CorelDraw. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan. Metode pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dokumentasi dan kuesioner. Kuesioner dibagikan kepada 35 responden yang meliputi 1 pemilik usaha, 2 ahli komputer, 2 ahli pemasaran dan 30 calon konsumen. Nantinya kuesioner model EPIC dan model AIDA akan dianalisis menggunakan metode perhitungan EPIC dan perhitungan koefisien korelasi untuk mengetahui adanya hubungan antar variabel, serta menggunakan uji-t untuk mengetahui pengaruh parsial terhadap minat beli. Pada siklus kedua menunjukkan skor EPIC Rate sebesar 4,45 yang artinya katalog produk sudah sangat efektif. Sedangkan hasil analisis untuk minat beli menggunakan teori AIDA sebesar 4,37 yang berarti katalog produk sangat efektif digunakan untuk menarik minat beli calon konsumen. Hasil koefisien korelasi menunjukkan angka 0,846 yang artinya variabel promosi dan minat beli mempunyai korelasi yang kuat dan hasil penelitian membuktikan bahwa variabel prmosi secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli pada Cimbul Malang.

 

Downloads

Published

2023-06-11

How to Cite

Octavianto, D., & Wardani , R. T. I. . (2023). PROMOSI MELALUI KATALOG PRODUK MENGGUNAKAN COREL DRAW UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELI DI CIMBUL MALANG. Jurnal Aplikasi Bisnis, 9(1), 61–66. https://doi.org/10.33795/jab.v9i1.479

Issue

Section

Articles