PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING MELALUI INSTAGRAM DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN DI KOPI STUDIO 24
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan dua variabel bebas yaitu social media marketing (X1) dan harga (X2) serta variabel terikat keputtusan pembelian konsumen (Y). Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan menyebarkan kuisioner terhadap 100 responden dan juga melakukan wawancara. Teknik sampling yang digunakan yaitu purposive sampling. Analisa data penelitian ini menggunakan analisis berganda dan uji hipotesis. Hasil uji t menunjukkan bahwa secara parsial social media marketing berpengaruh secara positif terhadap keputusan pembelian konsumen dah harga secara parsial juga berpengaruh secara positif terhadap keputusan pembelian konsumen. Hasil uji F menunjukkan social media marketing dan harga secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen. Nilai koefisien determinasi adalah 0,615, yang berarti pengaruh social media marketing dan harga terhadap keputusan pembelian konsumen adalah sebesar 61,5 persen sedangkan sisanya 38,5 persen dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.