PENGARUH VIRAL MARKETING DAN BRAND AWARENESS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PRODUK SOMETHINC DI TIKTOK SHOP

Main Article Content

Syauqi Nabila El-Haq
Fullchis Nurtjahjani

Abstract

Globalisasi mendorong pelaku usaha berlomba melakukan inovasi untuk mempertahankan kelangsungan hidup usahanya, salah satunya industri kecantikan. Saat ini, industri kecantikan perlahan-lahan mengikuti tren pemasaran yang beralih dari konvensional ke digital dengan memanfaatkan internet. Peningkatan penjualan yang dicapai oleh Somethinc pada tahun 2021 dipicu oleh digital marketing dan pengenalan merek yang memiliki peran krusial dalam memengaruhi keputusan pembelian. Penelitian ini memiliki tujuan menganalisa viral marketing dan brand awareness dan dampaknya akan keputusan pembelian. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan teknik purposive sampling. Data penelitian ini diakumulasikan dengan penyebaran kuesioner kepada 100 responden. Adapun responden dalam penelitian ini yaitu pelanggan yang telah melangsungkan pemesanan pada produk Somethinc di TikTok Shop. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini memakai teknik non probability sampling dengan metode purposive sampling, Teknik mengumpulkan data dengan kuesioner. Data dianalisa menggunakan regresi linear berganda dan uji hipotesa. Hasil penelitian menunjukkan bahwasanya viral marketing dan brand awareness berdampak akan keputusan pembelian. Diharapkan perusahaan dapat meningkatkan keputusan pembelian konsumen melalui inovasi-inovasi baru dalam meningkatkan viral marketing serta memperkuat brand awareness di benak konsumen

Article Details

How to Cite
El-Haq, S. N., & Nurtjahjani , F. . (2023). PENGARUH VIRAL MARKETING DAN BRAND AWARENESS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PRODUK SOMETHINC DI TIKTOK SHOP. Jurnal Aplikasi Bisnis, 9(1), 20–25. https://doi.org/10.33795/jab.v9i1.528
Section
Articles