PENGARUH PERSEPSI HARGA DAN ONLINE CUSTOMER REVIEW TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI MARKETPLACE SHOPEE
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menilai pengaruh persepsi harga dan online customer review terhadap keputusan pembelian di marketplace Shopee. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, di mana persepsi harga dan online customer review sebagai variabel independen dan keputusan pembelian sebagai variabel dependen. Data dikumpulkan dengan menyebarkan kuesioner, menggunakan teknik purposive sampling kepada sampel sebanyak 100 responden yang merupakan mahasiswa program studi D4 Manajemen Pemasaran Politeknik Negeri Malang tahun akademik 2021/2022. Data yang terkumpul dianalisis melalui penerapan regresi linier berganda dan pengujian hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi harga dan online customer review, baik secara parsial maupun secara bersama-sama, memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Berdasarkan hasil penelitian, diharapkan toko online di marketplace Shopee membuat campaign yang menarik untuk meningkatkan kepercayaan calon konsumen dalam membuat keputusan pembelian. Selain itu, disarankan agar Shopee mengedukasi dan meningkatkan kinerja fitur online customer review dengan menonaktifkan akun dengan aktivitas mencurigakan, sehingga mencegah kerugian bagi penjual dan memastikan konsumen menerima informasi yang akurat dalam membuat keputusan pembelian.