Pembelajaran berbasis proyek dan blogging dalam mata kuliah ESP
Keywords:
pembelajaran berbasis proyek, ESP, Marekting, bloggingAbstract
Pembelajar akan mudah belajar apabila bahan pelajarannya disusun secara tematis dan rapi. Pembelajaran akan efisien apabila informasi yang disajikan bermakna dan gayut dengan kehidupan pembelajar. Hal-hal di atas semakin penting untuk pengajaran Bahasa Inggris untuk Tujuan Khusus (English for Specific Purposes) karena di dalam pengajaran ini pembelajar tidak mempelajari ilmu utama bidang minatnya. Tematik dan tertata rapi adalah ciri khas dari pembelajaran berbasis konten yang dibangun berdasarkan silabus yang berbasis konten pula. Salah sat metode pengajaran yang paling sesuai untuk silabus berbasis konten adalah pengajaran berbasis proyek. Di dalam era internet saat ini, penggunaan media internet menjadi sesuai yang hampir wajib untuk menarik minat pembelajar. Artikel ini melaporkan penelitian terkait silabus berbasis konten yang disajikan dengan metode pengajaran berbasis proyek dengan menggunakan blogging di dalam mata kuliah ESP for Marketing. Di akhir semester, mahasiswa melakukan swa-refleksi dan mereka melaporkan hasil refleksi tersebut. Dari laporan mereka ditemukan bahwa pengajaran ESP berbasis proyek dengan blogging ternyata meningkatkan di empat bidang, yaitu: (a) kemampuan bahasa, (b) penguasaan bidang keahlian (konten), (c) kerja sama, serta (d) pelajaran hidup bagi mahasiswa.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2018 Jurnal Linguistik Terapan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.