Pembuatan Web Profil dan Manajemen Transaksi pada UMKM AG Home Industri Kotak Sanggan di Kabupaten Kediri
Implementing Web Profile and Transaction Management for MSME AG Home Industri Kotak Sanggan in Kediri Regency
DOI:
https://doi.org/10.33795/jindeks.v10i1.8853Keywords:
Manajemen Transaksi, Manajemen Produk, Manajemen Pemasaran, WebsiteAbstract
AG Home Industri Kotak Sanggan adalah usaha kecil dan menengah (UKM) yang berlokasi di Dusun Tawang, Desa Tawang, Kecamatan Wates, Kabupaten Kediri, Jawa Timur. AG Home Industri memproduksi kotak sanggan siap jual (kotak hantaran) dan menerima pesanan dari toko maupun usaha katering. Terdapat beberapa variasi dan ukuran, mulai dari ukuran terkecil 25x25x10 cm hingga ukuran terbesar 30x30x11 cm. AG Home Industri mempromosikan dan memasarkan produk kotak sanggannya melalui pembaruan status WhatsApp, media sosial Instagram, atau dengan memperkenalkan langsung ke toko-toko di sekitar. Beberapa permasalahan yang dihadapi AG Home Industri adalah manajemen penyimpanan data produk belum sistematis, jenis kotak sanggan yang diproduksi cukup beragam, foto produk disimpan di galeri internal ponsel sehingga sulit mencari item tertentu, proses pemasaran dan penjualan dilakukan secara semi-konvensional dengan transaksi ditangani langsung oleh pemilik melalui pesan WhatsApp atau direct message. Masalah bagi mitra usaha adalah penjualan hanya terbatas melayani pemesanan atau pembelian dari masyarakat lokal. Telah diterapkan solusi dengan mengembangkan website untuk profil dan manajemen transaksi bagi AG Home Industri Kotak Sanggan Kediri sebagai solusi atas permasalahan manajemen pemasaran dan penyimpanan data produk. Memberikan pelatihan pemanfaatan e-commerce dan pemasaran media sosial sebagai solusi atas tantangan pemasaran.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Fadelis Sukya; Benni Agung Nugroho, Dion Yanuarmawan, Fery Sofian Efendi, Ari Kuswinda

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

