PEMBUATAN E-CATALOGUE PADA INSTAGRAM MENGGUNAKAN CANVA SEBAGAI MEDIA PROMOSI UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELI KONSUMEN DI PALM SNACK AND COOKIES MALANG
DOI:
https://doi.org/10.33795/jab.v8i1.421Keywords:
Media Promosi, E-Catalogue, InstagramAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat beli konsumen Palm Snack and coockies melalui pembuatan e-catalogue menggunakan aplikasi Canva. Penelitian yang dibuat merupakan penelitian action research dengan menggunakan aplikasi canva sebagai aplikasi yang dibuat untuk mendesign e-catalogue. Prosedur action research meliputi perencanaan, tindakan, observasi, interview. Penelitian ini menggunakan Teknik pengumpulan data kuesioner, observasi, dan interview. Untuk Teknik penentuan responden untuk pengujian e-catalogue adalah Teknik purposive sampling yang melibatkan 15 orang termasuk 2 ahli pemasaran, 2 ahli komputer, pemilik usaha, dan 10 konsumen sebagai responden pada pengukuran efektivitas desain, dan 12 orang termasuk 2 ahli pemasaran dan 10 konsumen pada pengukuran minat beli. Untuk Analisa yang digunakana adalah metode Analisa deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan maka dapat dikatakan bahwa desain e-catalogue dikatakan efektif dan layak digunakan untuk membantu mengembangkan usaha serta menjadi media promosi alternatif. Diharapkan Palm Snack and Cookies Malang dapat menggunakan desain e-catalogue yang telah dibuat untuk membantu promosi perusahan bagi perusahaan