PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING INSTAGRAM DAN WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SKINCARE DI NOVATIC SKIN CLINIC TULUNGAGUNG

Authors

  • Fitri Dwi Wulandari Politeknik Negeri Malang, Indonesia
  • Ita Rifiani Permatasari Politeknik Negeri Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33795/jab.v8i1.436

Keywords:

Social Media Marketing Instagram, Word Of Mouth, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh social media marketing Instagram dan word of mouth terhadap keputusan pembelian produk skincare di Novatic Skin Clinic Tulungagung. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan variabel bebas yaitu social media marketing Instagram (X1), word of mouth (X2) dan variabel terikat yaitu keputusan pembelian (Y). Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data observasi dan kuesioner. Dengan menggunakan teknik purposive sampling diperoleh 100 responden. Teknik analisis data menggunakan metode analisis regresi berganda, uji reliabilitas, uji regresi linier sederhana, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis serta koefisien determinasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel social media marketing Instagram secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan t hitung 2,542 dan tingkat signifikan sebesar 0,013. Word of mouth secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan t hitung 6,847 dan tingkat signifikan sebesar 0,000. Social media marketing Instagram dan word of mouth secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen dengan f hitung 71,858 dan signifikan sebesar 0.000. Besarnya pengaruh social media marketing Instagram dan word of mouth terhadap keputusan pembelian adalah 58,9 persen.

Downloads

Published

2022-06-15

How to Cite

Wulandari, F. D. ., & Permatasari, I. R. . (2022). PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING INSTAGRAM DAN WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SKINCARE DI NOVATIC SKIN CLINIC TULUNGAGUNG. Jurnal Aplikasi Bisnis, 8(1), 139–144. https://doi.org/10.33795/jab.v8i1.436

Issue

Section

Articles