PENGARUH PERIKLANAN DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA E-COMMERCE SHOPEE

Authors

  • Clarista Putri Salsabila Politeknik Negeri Malang, Indonesia
  • Rulirianto Politeknik Negeri Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33795/jab.v8i2.461

Keywords:

Periklanan, Citra Merek, Keputusan Pembelian, Shopee

Abstract

Tujuan dari riset tersebut adalah agar mengetahui pengaruh iklan dan citra merek terhadap keputusan pembelian di e-commerce Shopee. Penelitian ini bersifat kuantitatif. Targeted sampling digunakan untuk responden D4 Institut Manajemen Pemasaran Politeknik Manajemen Malang yang merupakan pengguna Shopee. Analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Jumlah sampel sebanyak 141 orang. Responden menggunakan teknik sampling yang telah ditargetkan. Hasil analisis regresi linier berganda menunjukkan nilai Adjusted R squared sebesar 0,645 yang berarti iklan dan citra merek berkontribusi 64,5 persen terhadap keputusan pembelian e-commerce Shopee. Disimpulkan bahwa iklan dan citra merek secara parsial dan simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian e-commerce Shopee. Diharapkan Shopee dapat mengoptimalkan peran periklanan dan menjaga brand image perusahaan untuk pembelian dan transaksi.

Downloads

Published

2022-12-20

How to Cite

Salsabila, C. P. ., & Rulirianto. (2022). PENGARUH PERIKLANAN DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA E-COMMERCE SHOPEE. Jurnal Aplikasi Bisnis, 8(2), 283–288. https://doi.org/10.33795/jab.v8i2.461

Issue

Section

Articles