PENGARUH KERAGAMAN PRODUK DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA KONSUMEN MARKETPLACE SHOPEE DI KOTA MALANG
DOI:
https://doi.org/10.33795/jab.v11i1.6032Keywords:
keragaman produk, electronic word of mouth, keputusan pembelian, marketplace, shopeeAbstract
Dunia perdagangan perlahan-lahan memperlihatkan perubahannya, dari konvensional ke digital dengan memanfaatkan adanya marketplace tempat untuk jual-beli secara online yang dengan mudah dapat memenuhi semua kebutuhan dan keinginan konsumen dalam satu tempat yaitu Shopee. Peningkatan kunjungan dan transaksi yang dicapai oleh Shopee dalam dua tahun terakhir dipicu oleh berbagai macam produk dan rekomendasi kepada orang lain melalui media sosial sebagai strategi pemasaran. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh keragaman produk dan electronic word of mouth terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode purposive sampling. Data primer yang didapatkan melalui penyebaran kuesioner secara online kepada 100 responden dengan kriteria yang telah diberikan peneliti. Analisis data yang digunakan yaitu regresi linear berganda dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil regresi linear berganda dan uji hipotesis yang dilakukan menunjukkan bahwa keragaman produk dan electronic word of mouth berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa keputusan pembelian dapat ditingkatkan dengan adanya keragaman produk yaitu variasi merek produk, variasi kelengkapan produk variasi ukuran produk, dan variasi kualitas produk. Selain itu, dengan electronic word of mouth yaitu intensitas, konten, pendapat positif, dan pendapat negatif.