Space Rock Pixel Perancangan Space Rock Pixel Game Antariksa Menggunakan Game Maker Language

Space Rock Pixel Space Game Design Using Game Maker Language

Authors

  • Stevanus Oktoberrikho Institut Shanti Bhuana
  • Yansensius Reins Dima Institut Shanti Bhuana
  • Rendy Institut Shanti Bhuana
  • Candra Gudiato Institut Shanti Bhuana
  • Christian Cahyaningtyas Institut Shanti Bhuana

DOI:

https://doi.org/10.33795/jtim.v17i2.6858

Keywords:

Game Pixel Art, Game Maker Language, Pengembangan Game, Game Antariksa, Waterfall Model

Abstract

Perkembangan industri game digital telah mendorong munculnya berbagai genre permainan, termasuk game pixel art yang menawarkan estetika retro dengan pengalaman bermain yang menarik. Penelitian ini membahas pengembangan Space Rock, sebuah game pixel art bertema antariksa yang dibangun menggunakan Game Maker Language (GML). Game ini dirancang untuk memberikan pengalaman bermain yang menantang dengan berbagai level dan musuh yang semakin sulit di setiap tahapannya. Metode pengembangan yang digunakan adalah metode waterfall, yang mencakup analisis kebutuhan, perancangan sistem, implementasi, pengujian, serta pemeliharaan dan pengembangan lanjutan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan GML memungkinkan pengembangan game 2D yang efisien dengan kontrol responsif serta mekanisme gameplay yang adiktif. Pengujian menggunakan metode black-box testing memastikan bahwa game berjalan sesuai dengan spesifikasi yang dirancang. Dengan demikian, Space Rock diharapkan dapat menjadi referensi bagi pengembang game pixel art yang ingin menggunakan GML dalam pengembangan game mereka.

Downloads

Published

2025-11-28

How to Cite

[1]
S. Oktoberrikho, Y. R. Dima, Rendy, C. Gudiato, and C. Cahyaningtyas, “Space Rock Pixel Perancangan Space Rock Pixel Game Antariksa Menggunakan Game Maker Language: Space Rock Pixel Space Game Design Using Game Maker Language”, jtim, vol. 17, no. 2, pp. 104–111, Nov. 2025.