Space Rock Pixel Perancangan Space Rock Pixel Game Antariksa Menggunakan Game Maker Language
Space Rock Pixel Space Game Design Using Game Maker Language
DOI:
https://doi.org/10.33795/jtim.v17i2.6858Keywords:
Game Pixel Art, Game Maker Language, Pengembangan Game, Game Antariksa, Waterfall ModelAbstract
Perkembangan industri game digital telah mendorong munculnya berbagai genre permainan, termasuk game pixel art yang menawarkan estetika retro dengan pengalaman bermain yang menarik. Penelitian ini membahas pengembangan Space Rock, sebuah game pixel art bertema antariksa yang dibangun menggunakan Game Maker Language (GML). Game ini dirancang untuk memberikan pengalaman bermain yang menantang dengan berbagai level dan musuh yang semakin sulit di setiap tahapannya. Metode pengembangan yang digunakan adalah metode waterfall, yang mencakup analisis kebutuhan, perancangan sistem, implementasi, pengujian, serta pemeliharaan dan pengembangan lanjutan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan GML memungkinkan pengembangan game 2D yang efisien dengan kontrol responsif serta mekanisme gameplay yang adiktif. Pengujian menggunakan metode black-box testing memastikan bahwa game berjalan sesuai dengan spesifikasi yang dirancang. Dengan demikian, Space Rock diharapkan dapat menjadi referensi bagi pengembang game pixel art yang ingin menggunakan GML dalam pengembangan game mereka.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Stevanus Oktoberrikho, Yansensius Reins Dima, Rendy, Candra Gudiato, Christian Cahyaningtyas

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



