Performansi server VoIP (Voice Over Internet Protocol) sebagai sarana pembelajaran hibrid

Authors

  • Mila Kusumawardani Politeknik Negeri Malang
  • Nugroho Suharto Politeknik Negeri Malang
  • Sri Wahyuni Dali Politeknik Negeri Malang
  • Kristina Widjajanti Politeknik Negeri Malang
  • Nabila Widyantari Politeknik Negeri Malang
  • Atika Yulia Sari Putri Politeknik Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.33795/eltek.v22i1.4506

Keywords:

Quality of Service (QoS), Voice over Internet Protocol (VoIP), Web Server

Abstract

Media pembelajaran merupakan salah satu aspek yang menetukan kualitas pendidikan. Bagi daerah perkotaan, media pembelajaran digital mudah dijangkau dan beragam. Namun, bagi daerah yang masih terbelakang, hal ini cukup sulit untuk diakses. Metode pembelajaran hibrid dapat menjadi salah satu pilihan bagi sekolah saat ini dikarenakan dapat memberikan pengaruh positif yaitu siswa dapat terlatih belajar secara mandiri namun juga tetap mendapat pelajaran secara luring. Namun, untuk daerah yang belum terjangkau internet, pembelajaran hibrid masih terbilang sulit untuk diterapkan, maka dari itu diperlukan jaringan intranet yang dapat diakses siswa maupun guru tanpa adanya jaringan internet. Tujuan dari penelitian ini yaitu membuat server pembelajaran dengan memanfaatkan sistem Voice over Internet Protocol (VoIP) berbasis Web Server. Konten yang disajikan dalam website ini dikemas dalam bentuk video dan latihan soal, serta antar siswa dengan guru dapat berkomunikasi menggunakan fitur komentar yang disediakan. Perancangan sistem menggunakan metode penelitian pengembangan dan pembuatan. Pengujian performa layanan dilaksanakan dengan menguji Quality of Service (QoS) meliputi Delay, Jitter, Throughput, dan Packet Loss. Analisa performa jaringan ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan website dalam mengirim dan menerima data kepada pengguna saat diakses.

ABSTRACT
Learning media is one aspect that determines the quality of education. For urban areas, digital learning media is easy to reach and diverse. However, for underdeveloped areas, this is quite difficult to access. The hybrid learning method can be an option for schools at this time because it can have a positive influence, namely that students can be trained to learn independently but also still receive lessons offline. However, for areas that do not have internet access, hybrid learning is still difficult to implement, therefore an intranet network is needed that can be accessed by students and teachers without an internet network. The aim of this research is to create a learning server by utilizing a Web Server-based Voice over Internet Protocol (VoIP) system. The content presented on this website is packaged in the form of videos and practice questions, and students and teachers can communicate using the comments feature provided. System design uses development and manufacturing research methods. Service performance testing is carried out by testing Quality of Service (QoS) including Delay, Jitter, Throughput and Packet Loss. This network performance analysis aims to determine the website's ability to send and receive data to users when accessed.

References

R. W. Stiawan, D. K. Fahriani, A. R. Putri dan R. Mulyaningtyas, “Inovasi media Pembelajaran Dalam Mewujudkan Merdeka Belajar Di Era Society 5.0,” Jurnal Pendidikan Bahasa Sastra dan Budaya, vol. 1, no. 2, 2022.

C. N. Isma, R. Rahmi dan H. Jamin, “Urgensi Digitalisasi Pendidikan Sekolah,” AT-TA'DIB, vol. 14, no. 2, pp. 129-141, 2022.

K. Hidayat, Sapriya, S. H. Hasan dan E. Wiyanarti, “Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Dalam Pembelajaran Hybrid,” BASICEDU, vol. 6, no. 2, pp. 517-1528, 2022.

A. R. Riyandi, T. Agnesa, l. Wira, Ambiyar, S. Umar dan U. Hakim, “Hybrid Learning: Alternatif Model Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19,” BASICEDU, vol. 6, no. 3, pp. 4461-4469, 2022.

A. Harun, N. Asyiah, C. W. Kuswanto, A. I. HS dan N. Diadara, “Model Pembelajaran Hybrid Learning Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam,” Al-Tadzkiyyah, vol. 12, no. 2, 2021.

F. A. Susanto, F. Yudianto, T. Herlambang dan T. D. Wulan, “Sosialisasi Pembelajaran Hybrid Di SMK PGRI Sukodadi Lamongan,” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 1, no. 2, 2022.

F. L. Witi dan A. Mude, “Analisis Jaringan Intranet di Universitas Flores Menggunakan Quality of Service (QoS),” Computer Based Information System Journal, vol. 8, no. 1, 2020.

Soeherman dan Yadi, “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Jaringan Komputer Materi Intranet,” Ilmah Betrik, vol. 10, no. 3, 2019.

D. P. Putra, “Analisis Keamanan Voice Over Internet Protocol (VoIP) Over Virtual Private Network,” JATIKA, vol. 2, no. 3, pp. 324-333, 2021.

I. L. Rimra, R. Widia, W. Wiharti dan F. Pratama, “Teknologi VoIP (Voice over Internet Protocol) sebagai Solusi Komunikasi Berbasis IP,” jurnal Pengabdian dan Pengembangan Masyarakat PNP, vol. 1, no. 1, pp. 20-25, 2019.

G. H. A. Kusuma dan A. C. N, “Implementasi VoIP Elastix Server Pada PT XYZ,” Journal of Informatics and Advanced Computing, vol. 1, no. 1, 2020.

M. S. R. Simarangkir, A. Puspabhuana dan B. H. Irawan, “Pelatihan Implementasi Server VoIP Menggunakan Router Cisco Pada Jaringan Lokal,” Jurnal Bermasyarakat, vol. 2, no. 1, pp. 9-18, 2021.

J. R. Gultom, D. Sundara dan M. D. Fatwara, “Pembelajaran Hybrid Learning Model Sebagai Strategi Optimalisasi Sistem Pembelajaran Di Era Pandemi Covid-19 Pada Perguruan Tinggi di Jakarta,” Mediastima, vol. 28, no. 1, 2022.

D. Syahfitri dan M. A. Muis, “Efektifitas Pembelajaran Menggunakan Media E-Learning (Cisco Webex),” AKADEMIKA, vol. 16, no. 1, pp. 14-24, 2020.

R. F. Ramadhan dan R. Mukhaiyar, “Penggunaan Database Mysql Dengan Interfae PhpMyAdmin Sebagai Pengontrolan Smarthome Berbasis Raspberry Pi,” JTEIN, vol. 1, no. 2, 2020.

Downloads

Published

2024-04-30

How to Cite

[1]
M. Kusumawardani, N. Suharto, S. W. Dali, K. Widjajanti, N. Widyantari, and A. Y. S. Putri, “Performansi server VoIP (Voice Over Internet Protocol) sebagai sarana pembelajaran hibrid”, eltek, vol. 22, no. 1, pp. 8–16, Apr. 2024.

Issue

Section

Articles