Workshop Pembuatan Modul Ajar Tentang Tanaman Obat Keluarga (Materi Ipa) Dengan Metode Virtual Reality Game Pada Pengajar Sekolah Menengah Pertama Di Lamongan

Authors

  • Nur Syaela Majid Politeknik Elektronika Negeri Surabaya
  • Fardani Annisa Damastuti Politeknik Elektronika Negeri Surabaya
  • Darmawan Aditama Politeknik Elektronika Negeri Surabaya
  • Arif Basofi Politeknik Elektronika Negeri Surabaya
  • Artiarini Kusuma Nurindiyani Politeknik Elektronika Negeri Surabaya
  • Muhammad Robihul Mufid Politeknik Elektronika Negeri Surabaya
  • Saniyatul Mawaddah Politeknik Elektronika Negeri Surabaya
  • Achmad Fuad Hafid Universitas Airlangga

DOI:

https://doi.org/10.33795/jindeks.v6i1.24

Keywords:

Toga, Virtual Reality, Garden's Tour, Game

Abstract

Tanaman Obat Keluarga (TOGA) merupakan tanaman hasil budidaya rumahan yang berkhasiat sebagai obat. Taman obat keluarga pada hakekatnya adalah sebidang tanah, baik di halaman rumah, kebun ataupun ladang yang digunakan untuk membudidayakan tanaman yang berkhasiat sebagai obat dalam rangka memenuhi keperluan keluarga akan obat-obatan. Namun banyak masyarakat yang kurang mengetahui ciri-ciri dan manfaat dari tanaman tersebut. Maka dari itu dibuatlah aplikasi virtual reality game tentang tanaman obat keluarga (TOGA) “Garden’s Tour” untuk mengenalkan sekaligus memberi informasi secara rinci mengenai ciri-ciri dan manfaat yang terkandung dalam tanaman tersebut dan juga proses pemanfaatannya sebagai minuman yang dikemas dengan mudah dan menyenangkan. Maraknya virtual reality game di Indonesia membuat dilakukan pengembangan penelitian Aplikasi Virtual Reality untuk tanaman obat keluarga (TOGA). Implementasi game tanaman obat keluarga (TOGA) “Gardens’s Tour” ditujukan untuk remaja dengan rentang usia 13-19 tahun. Hasil akhir dari aplikasi ini ini selain dapat membantu mengenalkan tanaman obat keluarga (TOGA) kepada masyarakat juga meredakan stress dan menambah kreatifitas untuk masyarakat dewasa.

Downloads

Published

01-12-2021

Issue

Section

Articles