Meningkatkan Minat Belajar dan Kreativitas Anak Panti Asuhan Puteri Aisyiyah Muhammadiyah Medan

Authors

  • Rizki Saputra Universitas Sumatera Utara
  • Hairani Siregar Universitas Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.33795/jindeks.v6i2.283

Keywords:

Panti Asuhan, Minat Belajar, Kreatifitas

Abstract

Kegiatan dilakukan di Panti Asuhan Putri Aisyiyah Medan untuk mengkaji permasalahan yang
dialami oleh anak yatim. Masalah yang dialami oleh anak panti asuhan adalah kurangnya pengetahuan
dasar anak tentang menulis, membaca dan berhitung. Banyaknya anak yatim piatu yang menggunakan
smartphone untuk bermain game online dan menonton tiktok. Kegiatan ini memiliki tujuan untuk
meningkatkan minat belajar dan kreativitas anak yatim piatu yang merupakan mini project tentang pendidikan untuk anak. Mitra kegiatn yang mengalami masalah ini. Mitra tersebut terdiri dari anak-
anak yang masih duduk di bangku Sekolah Dasar (SD). Tahapan kelompok sosial diguanakan dalam penelitian ini, mulai dari tahap persiapan hingga tahap terminasi. Meningkatkan minat belajar pada anak
membutuhkan metode yang tepat agar anak nyaman dengan mini project yang telah dibuat. Metode
yang digunakan adalah metode Delphi dengan menggunakan kuesioner untuk menyimpulkan
permasalahan apa saja yang dimiliki oleh anak yatimDiharapkan anak-anak panti asuhan dapat
melanjutkan minat belajar dan mengasah kreativitasnya agar tidak mengalami kesulitan dalam belajar
di sekolah

Author Biography

Hairani Siregar, Universitas Sumatera Utara

Dosen Kesejahteraan Sosial FISIP USU

Downloads

Published

30-06-2022

Issue

Section

Articles