Meningkatkan Minat Belajar dan Kreativitas Anak Panti Asuhan Puteri Aisyiyah Muhammadiyah Medan
DOI:
https://doi.org/10.33795/jindeks.v6i2.283Keywords:
Panti Asuhan, Minat Belajar, KreatifitasAbstract
Kegiatan dilakukan di Panti Asuhan Putri Aisyiyah Medan untuk mengkaji permasalahan yang
dialami oleh anak yatim. Masalah yang dialami oleh anak panti asuhan adalah kurangnya pengetahuan
dasar anak tentang menulis, membaca dan berhitung. Banyaknya anak yatim piatu yang menggunakan
smartphone untuk bermain game online dan menonton tiktok. Kegiatan ini memiliki tujuan untuk
meningkatkan minat belajar dan kreativitas anak yatim piatu yang merupakan mini project tentang pendidikan untuk anak. Mitra kegiatn yang mengalami masalah ini. Mitra tersebut terdiri dari anak-
anak yang masih duduk di bangku Sekolah Dasar (SD). Tahapan kelompok sosial diguanakan dalam penelitian ini, mulai dari tahap persiapan hingga tahap terminasi. Meningkatkan minat belajar pada anak
membutuhkan metode yang tepat agar anak nyaman dengan mini project yang telah dibuat. Metode
yang digunakan adalah metode Delphi dengan menggunakan kuesioner untuk menyimpulkan
permasalahan apa saja yang dimiliki oleh anak yatimDiharapkan anak-anak panti asuhan dapat
melanjutkan minat belajar dan mengasah kreativitasnya agar tidak mengalami kesulitan dalam belajar
di sekolah
Downloads
Published
Issue
Section
License
J-INDEKS (Jurnal Pengabdian pada Masyarakat Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Terintegrasi) diterbitkan berdasarkan ketentuan Lisensi Creative Commons Attribution ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0). Lisensi ini mengizinkan setiap orang untuk :.
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi pada artikel dalam bentuk atau format apapun.
- Adaptasi — mengubah, dan membuat turunan dari materi pada artikel untuk kepentingan apapun.
dengan ketentuan,
- Atribusi — Harus mencantumkan kredit yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan.
- Berbagi Serupa (ShareAlike) — Apabila ingin mengubah atau membuat turunan dari isi artikel pada J-INDEKS, maka harus disebarluaskan kontribusi di bawah lisensi yang sama dengan teks asli.