Peningkatan Strategi Pemasaran Ragam Olahan Susu Ronojoyo
DOI:
https://doi.org/10.33795/jindeks.v6i2.294Keywords:
Strategi Pemasaran, Laporan KeuanganAbstract
Permasalahan yang dihadapi oleh Usaha Mikro dan Kecil Menengah (UMKM) ragam
camilan olahan dari susu ronojoyo (RCOS) adalah strategi atau cara bagaimana memasarkan produk yang dibuat agar masyarakat mengenal kemudian meminatinya terutama masyarakat di daerah nganjuk. RCOS berharap adanya strategi dalam memasarkan produknya untuk memudahkan usahanya dalam mengenalkan produk yang pada akhirnya akan peningkatan penjualan. Selain itu, permasalahan mengenai pembuatan laporan keuangan karena pembuatan laporan keuangan UMKM berbeda dengan laporan keuangan pada umumnya sehingga diperlukan laporan keuangan yang benar. Solusi yang dapat diberikan untuk memecahkan permasalahan di atas adalah menemukan strategi pemasaran yang tepat. “Tepat” maksudnya strategi pemasaran yang diterapkan sesuai dengan produk yang dihasilkan dan strategi bisnis yang dijalankan. Hasil yang didapat dalam pengabdian masyarakat adalah ditemukannya strategi pemasaran yang tepat yang dapat digunakan untuk memasarkan produknya dengan harapan dapat meningkatkan penjualan RCOS.
Downloads
Published
Issue
Section
License
J-INDEKS (Jurnal Pengabdian pada Masyarakat Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Terintegrasi) diterbitkan berdasarkan ketentuan Lisensi Creative Commons Attribution ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0). Lisensi ini mengizinkan setiap orang untuk :.
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi pada artikel dalam bentuk atau format apapun.
- Adaptasi — mengubah, dan membuat turunan dari materi pada artikel untuk kepentingan apapun.
dengan ketentuan,
- Atribusi — Harus mencantumkan kredit yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan.
- Berbagi Serupa (ShareAlike) — Apabila ingin mengubah atau membuat turunan dari isi artikel pada J-INDEKS, maka harus disebarluaskan kontribusi di bawah lisensi yang sama dengan teks asli.