Peningkatan Kemampuan Computational Thinking Untuk Guru Pendidikan Dasar di Malang
DOI:
https://doi.org/10.33795/jindeks.v7i1.382Keywords:
Pendidikan, Berfikir Komputasional, Problem Solving, Guru, SiswaAbstract
Kemajaun teknologi dan perubahan yang terjadi memberikan kesadaran baru bahwa Indonesia tidak lagi berdiri sendiri. Pengamat Pendidikan dari Eduspec Indonesia, menyebutkan sistem pendidikan Indonesia saat ini belum dapat menjawab tantangan global. Untuk mengejar ketertinggalan siswa Indonesia dalam kemampuan sains, membaca, dan matematika, perlu dilakukan terobosan dalam sistem pendidikan. Politeknik Negeri Malang dalam hal ini menjadi salah satu Biro dari Bebras internasional (bebras.org) di wilayah Kota Malang dan sekitarnya dalam menggelar Tantangan Bebras (Bebras Challenge) secara periodik per tahun untuk mengedukasi konsep berpikir komputasional dan informatika kepada siswa sekolah pada berbagai tingkatan usia. Dengan edukasi konsep berpikir komputasional ini dapat membantu meningkatkan kemampuan berpikir komputasional pada siswa SMP ISLAM AL UMM, dengan didahului melatih konsep Berpikir Komputasional untuk guru-guru SMP ISLAM AL UMM yang langsung berperan dalam mendidik siswa-siswi di sekolah sekaligus membuat media ajar interaktif. Dengan adanya pelatihan berpikir komputasional, diharapkan kemampuan problem solving pada guru dapat meningkat dan guru bisa mengajarkannya kepada siswa-siswi mereka
Downloads
Published
Issue
Section
License
J-INDEKS (Jurnal Pengabdian pada Masyarakat Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Terintegrasi) diterbitkan berdasarkan ketentuan Lisensi Creative Commons Attribution ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0). Lisensi ini mengizinkan setiap orang untuk :.
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi pada artikel dalam bentuk atau format apapun.
- Adaptasi — mengubah, dan membuat turunan dari materi pada artikel untuk kepentingan apapun.
dengan ketentuan,
- Atribusi — Harus mencantumkan kredit yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan.
- Berbagi Serupa (ShareAlike) — Apabila ingin mengubah atau membuat turunan dari isi artikel pada J-INDEKS, maka harus disebarluaskan kontribusi di bawah lisensi yang sama dengan teks asli.