PENGARUH KEY OPINION LEADER (KOL) DAN DIGITAL MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SKINCARE N’PURE

Main Article Content

Hina Lia Theresya
Yulis Nurul 'Aini

Abstract

Pada periode januari 2021 - juli 2022 BPOM RI mencatat industri kosmetika/perawatan kulit mengalami kenaikan jumlah perusahaan yang berdampak pada persaingan bisnis perawatan kulit semakin kompetitif, penggunaan key opinion leader (KOL) kian marak untuk mempromosikan brand-nya melalui platform digital marketing. Salah satu perusahaan kosmetik yang memanfaatkan kemajuan teknologi sebagai instrument dalam mengembangkan bisnisnya adalah N’Pure. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh key opinion leader dan digital marketing terhadap keputusan pembelian Skincare N’Pure. Jenis penelitian ini menggunakan statistic deskriptif, dengan pendekatan kuantitatif. Adapun sampel yang digunakan sebanyak 100 responden, dengan pendekatan purposive sampling. Instrument yang digunakan dalam penelitian menggunakan kuesioner dengan skala linkert dengan mengunakan analisis regresi linier berganda sebagai metode analisis datanya. Hasil hipotesis menunjukan secara parsial maupun simultan key opinion leader dan digital marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian skincare N’Pure. Diharapkan N’Pure lebih selektif dalam memilih KOL serta dapat meningkatkan umpan balik pada platform instagram yang dimiliki, meningkatkan branding dan mencoba menetapkan harga yang dapat diterima oleh semua kalangan baik dari kalangan menengah ke atas maupun menengah ke bawah.

Article Details

How to Cite
Theresya, H. L., & Nurul ’Aini, Y. (2024). PENGARUH KEY OPINION LEADER (KOL) DAN DIGITAL MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SKINCARE N’PURE. Jurnal Aplikasi Bisnis, 10(1), 74–79. https://doi.org/10.33795/jab.v10i1.3724
Section
Articles